Bentuk Rangkaian Paralel Komponen Resistor dan Rumus Cara Menghitung Nilai Tahanan Resistansi

Bentuk Rangkaian Paralel Komponen Resistor  dan Rumus Cara Menghitung Nilai Tahanan Resistansi

Sebelumnya telah kita bahas mengenai rangkaian seri dari komponen resistor. Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana bentuk dari rangkaian resistor jika komponen-komponen resistor dirancang secara paralel. Jadi intinya disini kita akan mengetahui cara penggunaan resistor secara paralel.

Selanjutnya kita akan lihat bagaimana rumus dari rangkaian resistor yang terpasang secara rangkaian paralel.

Dari rumus tersebut, kita dapat mengetahui bagaimana cara menghitung resistor yang terpasang secara rangkaian paralel untuk mencari nilai tahanan totalnya.

Beginilah Jika Komponen Resistor di Rangkai Secara Paralel

Bentuk Rangkaian Paralel Komponen Resistor  dan Rumus Cara Menghitung Nilai Tahanan Resistansi

Gambar diatas pada bagian kiri merupakan bentuk komponen resistor yang disusun secara paralel dan bagian kanan merupakan simbol dari komponen resistornya.

Jika kamu ingin mencari hambatan total rangkaian paralel berikut ini rumus untuk mencari nilai hambatan total (ohm) dari resistor paralel :

1 / R total paralel = 1 / R1 + 1 / R2 + 1 / R3 + 1 / R4  sampai 1 / Rn

Untuk membuktikan rumus perhitungan tahanan total pada rangkaian paralel diatas maka kita dapat melakukan simulasi cara perhitungan tahanan total menggunakan software multisim.

Untuk mencari nilai tahanan total kita mesti menjumlahkan nilai tahanan dari masing-masing resistor, jika kita belum mengetahui nilai tahannanya maka kita mesti mampu menghitung nilai resistansi berdasarkan kode warna gelang atau menghitung nilai resistansi berdasarkan kode angka untuk resistor jenis chip.

Perlu diperhatikan dalam melakukan perancangan penentuan sebuah komponen resistor karena jika salah menentukan nilai resistansi maka resistor akan overheating dan mudah terbakar.

Kang Nurdin
Kang Nurdin
Dari pengalaman yang sudah-sudah, belajar itu membutuhkan waktu dan konsistensi. Perjalanan panjang dalam kehidupan ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran itu. Jadi, teruslah bersabar dalam mengarunginya.

Related Posts