Bentuk Rangkaian Seri Resistor dan Rumus Cara Menghitung Nilai Tahanan Resistansi

Bentuk Rangkaian Seri Resistor  dan Cara Menghitungnya

Resistor adalah salah satu komponen pasif. Dimana, komponen ini didalam suatu  rangkaian elektronika dapat dirangkai kedalam bentuk rangkaian seri dan bentuk rangkaian pararel.

Rangkaian seri maupun rangkaian pararel, keduanya memiliki bentuk yang berbeda-beda dan memiliki nilai resistansi tahanan total yang berbeda pula.

Dari kedua bentuk rangkaian seri dan pararel tersebut kita harus mampu menghitung berapa nilai hambatan total komponen resistornya.

Cara menghitung hambatan total resistor pada rangkaian seri dan rangkaian pararel masing-masing memiliki rumus yang berbeda-beda.

Baiklah. Pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama membahas mengenai komponen resistor rangkaian seri terlebih dahulu sesuai dengan judul diatas yaitu Bentuk Rangkaian Seri Resistor  dan Cara Menghitungnya.

Topik pembahasan akan difokuskan untuk membahas rangkaian seri saja, untuk rangkaian pararel kita buat di artikel terpisah.

Resistor pada Rangkaian Seri

Pengertian atau teori rangkaian seri resistor pada suatu rangkaian adalah rangkaian listrik yang terdiri dari dua buah resistor atau lebih dimana titik hubungnya saling berhubungan satu sama lain berbentuk sejajar atau seri. 

Cara Menggunakan Resistor

Berikut ini akan kita lihat gambar rangkaian seri resistor. Bagaimana bentuk resistor dan simbol resistor jika dirangkaikan secara seri. Nantinya dari gambar tersebut dapat kita amati cara kerja rangkaian seri. Berikut gambarnya :

Bentuk Rangkaian Seri Resistor  dan Cara Menghitungnya

Dari gambar rangkaian seri diatas kita dapatkan informasi bahwa untuk mengukur nilai tahanan total cara perhitungan resistornya sebagai berikut :


R = resistor atau hambatan

menghitung resistor seri (R total) dari masing-masing R 

R total = R1 + R2 + R3 + ..... + R ke n


Agar lebih yakin dengan rumus diatas, kita juga dapat melakukan simulasi cara perhitungan tahanan total pada suatu rangkaian dengan menggunakan software multisim.

Sebelum menghitung nilai resistansi total pada rangkaian seri resistor, kita mesti tahu berapa nilai resistansi pada komponen resistor tersebut. Bisa dengan cara perhitungan berdasarkan kode warna gelang resistor dan juga cara membaca kode angka pada resistor jenis SMD.

Mudah-mudahan dapat dipahami ya cara menghitung resistor seri ini. Dan jangan lupa untuk satuan nilai tahanan resistor adalah Ohm.

Perlu diperhatikan dalam melakukan perancangan penentuan sebuah komponen resistor karena jika salah menentukan nilai resistansi maka resistor akan overheating dan mudah terbakar.


Kang Nurdin
Kang Nurdin
Dari pengalaman yang sudah-sudah, belajar itu membutuhkan waktu dan konsistensi. Perjalanan panjang dalam kehidupan ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran itu. Jadi, teruslah bersabar dalam mengarunginya.

Related Posts