Pembuktian Rumus Rangkaian Seri dan Paralel Komponen Resistor Menggunakan Simulasi Multisim

Pembuktian Rumus Rangkaian Seri dan Paralel Komponen Resistor Menggunakan Simulasi Multisim

Pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama mempelajari dan mengenalisa rumus perhitungan untuk mencari nilai resistansi (tahan) total dari suatu rangkaian seri resistor dan rangkaian paralel resistor.

Untuk bentuk dari rangkaian seri dan paralel resistor sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya. Saat ini akan kita fokuskan untuk mencari nilai tahanan total pada suatu rangkaian, bukan mencari nilai resistansi pada komponen resistor.

Jika ingin mengetahui nilai resistansi pada komponen resistor kita dapat melihatnya pada kode warna gelang yang tertera dibagian body resistor itu sendiri atau dapat juga dengan melakukan pengukuran langsung menggunakan multimeter.

Apalagi untuk melihat nilai resistansi pada resistor jenis SMD. Mungkin akan lebih mudah lagi yaitu dengan melihat kode angka yang tertera pada bagian body resistornya.

Kali ini kita akan coba bandingkan antara rumus perhitungan tahanan total dengan simulasi mengukur tahanan total menggunakan menggunakan Multisim.

Karena jika kita sudah mahir dalam menempatkan resistor pada suatu rangkaian maka akan meminimalisir penyebab resistor menjadi panas dan terbakar.

Kita langsung saja masuk ke multisim untuk merangkai bentuk rangkaian resistor seri dan rangkaian paralel resistor seperti berikut ini.

Pembuktian Rumus Rangkaian Seri dan Paralel Komponen Resistor Menggunakan Simulasi Multisim
Misalkan kita akan menggunakan resistor dengan ukuran tahanan sebesar 1 kilo ohm. Gambar diatas adalah gambar bentuk rangkaian seri dan paralel dari komponen resistor.

Jika kita ingat kembali bahwa rumus untuk mencari nilai tahanan total untuk rangkaian seri dan paralel adalah sebagai berikut :

R total seri = R1 + R2 + R3 ....dan R seterusnya

sedangkan untuk mencari R total paralel adalah :

1/R total paralel = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3....dan 1/Rn seterusnya

Kita hitung berapa nilai untuk masing-masing R total pada gambar diatas dengan menggunakan rumus yang sudah kita ketahui.

Perhitungan Rangkaian Seri

R seri = 1 kilo ohm + 1 kilo ohm + 1 kilo ohm + 1 kilo ohm = 4 kilo ohm

Perhitungan Rangkaian Paralel

1/R paralel = 1/1 kilo ohm + 1/1 kilo ohm + 1/1 kilo ohm + 1/1 kilo ohm

1/R paralel = (1+1+1+1)/1 kilo ohm

R paralel = 1 kilo ohm / 4 = 250 ohm

Pembuktian Perhitungan Seri dan Paralel Resistor Menggunakan Multisim

Dari gambar diatas kita rangkai menggunakan multisim dan kita tambahkan alat ukur multimeter. Alat ukur multimeter diposisikan pada posisi resistansi atau tahanan. Seperti gambar berikut :

Pembuktian Rumus Rangkaian Seri dan Paralel Komponen Resistor Menggunakan Simulasi Multisim

Melihat gambar hasil pengukuran multimeter diatas terhadap rangkaian seri resistor dan rangkaian paralel resistor :

Nilai resistansi total untuk rangkaian seri sebesar 4 kilo ohm dan untuk rangkaian paralel sebesar 250 ohm.

Kesimpulan

Dari pembuktian diatas bahwa perhitungan R total untuk rangkaian seri dan rangkaian paralel menggunakan rumus dengan menggunakan simulasi multisim hasil nilai tahanan totalnya adalah sama.

Lebih lengkap tonton video berikut ini !






Kang Nurdin
Kang Nurdin
Dari pengalaman yang sudah-sudah, belajar itu membutuhkan waktu dan konsistensi. Perjalanan panjang dalam kehidupan ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran itu. Jadi, teruslah bersabar dalam mengarunginya.

Related Posts