[Potensiometer] Prinsip kerja dan Cara Memasang Pada Rangkaian

Posting Komentar
[Potensiometer] Prinsip kerja dan Cara Memasang Pada Rangkaian

Apa itu Potensiometer ?

Potensiometer adalah salah satu komponen elektronika pasif yang termasuk kedalam jenis Resistor. Potensiometer memiliki nilai resistansi atau nilai tahanan yang dapat diatur dan dirubah-rubah sesuai dengan kebutuhan dari si penggunanya.

Dengan kemampuannya tersebut itulah maka potensiometer ini masuk kedalam kategori variable resistor.

Nilai resistansi potensiometer biasanya 100 k, 10 k, 1 k dan sebagainya.

[Potensiometer] Prinsip kerja dan Cara Memasang Pada Rangkaian

Dimana Potensiometer dapat Ditemukan ?

Didalam kehidupan sehari-hari kita dapat menemukan komponen potensiometer ini terpasang diberbagai peralatan elektronika seperti Radio, DVD Player, Amplifier, pengatur gelap terangnya lampu (Light Dimmer Circuit) dan masih banyak lagi.

[Potensiometer] Prinsip kerja dan Cara Memasang Pada Rangkaian

Apa Fungsi dan kegunaan Potensiometer ?

  • dapat mengatur kecepatan motor dc 
  • mengatur tingkat kecerahan menggunakan lampu led
  • pada peralatan audio/video seperti amplifier, potensiometer digunakan sebagai pengatur volume
  • pada rangkaian power supply, potensiometer digunakan sebagai pengatur tegangan
  • sebagai pembagi tegangan
  • pada sistem kontrol digunakan sebagai pengendali level sinyal

Bagaimana Prinsip / Cara Kerja Potensiometer ?

Secara struktur, potensiometer ini terdiri dari tiga kaki terminal dan terdapat tuas yang dapat diputar untuk mengatur nilai resistansinya.

Bagian utama komponen potensiometer ini terdiri dari :

  1. wiper
  2. element resistif
  3. terminal 
Berikut adalah bentuk komponen potensiometer dan struktur bagian dalamnya :

[Potensiometer] Prinsip kerja dan Cara Memasang Pada Rangkaian

Lihat pada gambar struktur potensiometer diatas. Pada bagian Elemen resistif terdapat terminal pada kedua ujung-ujungnya, dimana keduanya saling berhubungan satu sama lain membentuk jalur yang melingkar.

Secara material elemen resistif ini berbahan campuran metal (logam) dengan keramik. Ada juga yang berbahan karbon sebagai material elemen resistif.  

Dibagian tengah pada struktur komponen ini terdapat wiper/knob (penyapu) sebagai jarum penunjuk untuk menentukan titik pergerakan pada lintasan elemen resistif. Gerakan memutar pada tuas potensiometer akan mempengaruhi pergerakan dari wiper/knob yang ujung-ujungnya akan menentukan besarnya nilai resistansi. Dengan demikian hal itu lah yang akan mempengaruhi naik-turunnya nilai tahanan pada sebuah potensiometer.

Bagaimana Cara Memasang Potensiometer pada Sebuah Rangkaian ?

Untuk pemasangan komponen potensiometer pada sebuah rangkaian sangatlah mudah asalkan kita sudah mengetahui fungsi pin atau terminal pada sebuah potensiometer. Begini skema untuk pemasangan komponen potensiometer :
[Potensiometer] Prinsip kerja dan Cara Memasang Pada Rangkaian

Demikian penjelasan singkat mengenai prinsip kerja dan cara memasang potensiometer pada sebuah rangkaian. Hati-hati saat memasang potensiometer khawatir komponen potensiometer ini akan terbakar jika salah memasangnya.

Untuk mengenal implementasi dan cara pemasangan komponen potensiometer ini baca juga Simulasi Rangkaian Pembagi Tegangan dengan Pemasangan Potensiometer Menggunakan Proteus


Kang Nurdin
Mamah adalah seorang Guru di Sekolah Dasar Negeri dan Bapak adalah seorang Karyawan yang sederhana, ulet dan pekerja keras. Dari beliau-beliaulah, Alhamdulillah saya belajar banyak hal mengenai bagaimana cara berbagi ilmu, kesederhanaan dan bekerja keras.

Related Posts

Posting Komentar