Kapasitor Polar dan Nonpolar [Pengertian, Perbedaan, Fungsi, Bentuk, Simbol, Contoh]

Posting Komentar
Kapasitor Polar dan Nonpolar [Pengertian, Perbedaan, Fungsi, Bentuk, Simbol, Contoh]

Jangankan teman-teman. Saya sendiri pun terkadang masih belajar lagi mengenai apa itu kapasitor polar dan nonpolar. Bagaimana bentuk dan simbol kapasitor polar dan nonpolar.

Walaupun pada artikel yang berjudul kapasitor telah di bahas lengkap . Tetapi tidak apa-apa. Karena belajar itu memang membutuhkan proses. Jadi, tetap semangat dan teruslah belajar.

Baik kita langsung ke topik.

Dari beberapa sumber yang saya dapatkan mengenai kapasitor polar dan nonpolar ini, saya dapati penjelasan mengenai kapasitor polar dan nonpolar sebagai berikut ini.

Pengertian Kapasitor Polar dan Nonpolar

1. Kapasitor Polar

Kapasitor polar adalah jenis kapasitor electrolytic yang memiliki polaritas kutub positif (+) dan kutub negatif (-). Bahan pembentukan kapasitor polar ini (bahan dielektrik) merupakan lapisan metal-oksida.

Sesuai dengan namanya "Polar". Jenis kapasitor polar ini memiliki polaritas dimana polritasnya terbentuk akibat proses pembuatannya yang menggunakan elektrolisa. Sehingga hasil akhirnya terbentuk kutub positif dan kutub negatif pada kapasitor tersebut.

Kita ketahui bahwa material berbahan metal yang tersebar diantaranya adalah Alumunium, Magnesium, Titanium, Zinc, Zirconium, Tantalum. Ketika bahan metal tersebut teroksidasi maka akan membentuk lapisan metal-oksida (oxide film). Lapisan oksida tersebut akan terbentuk akibat dari proses elektrolisa.

Dari hasil elektrolisis tersebut dihasilkan plat metal sebagai anoda, lapisan metal oksida (bahan dielektrik) dan electrolyte sebagai katoda. Terbentuklah komponen kapasitor. Kapasitor ini memiliki kapasitansi yang besar namun memiliki ukuran yang sangat kecil.

Bentuk Kapasitor Polar / Electrolytic

Kapasitor elektrolit ini biasanya disebut juga dengan kapasitor Elco dengan ukuran yang bervareatif misalnya 100 uF, 470 uF, 4700 uF dan masih banyak lagi. Berikut bentuk kapasitornya :
Kapasitor Polar dan Nonpolar [Pengertian, Perbedaan, Fungsi, Bentuk, Simbol, Contoh]

Simbol Kapasitor Polar / Electrolytic

Kapasitor Polar dan Nonpolar [Pengertian, Perbedaan, Fungsi, Bentuk, Simbol, Contoh]

2. Kapasitor Nonpolar

Kapasitor nonpolar adalah jenis kapasitor dimana bahan dielektriknya terbuat dari keramik, film dan mika. Kapasitor jenis ini biasanya digunakan untuk rangkaian dengan frekuensi yang tinggi.

Karena daya penyimpanannya yang kecil maka kemampuan kapasitansinya pun kecil mulai dari satuan pico farad, nano farad, mili farad dan yang paling besar adalah mikro farad. 

Bentuk Kapasitor Nonpolar

Kang Nurdin
Mamah adalah seorang Guru di Sekolah Dasar Negeri dan Bapak adalah seorang Karyawan yang sederhana, ulet dan pekerja keras. Dari beliau-beliaulah, Alhamdulillah saya belajar banyak hal mengenai bagaimana cara berbagi ilmu, kesederhanaan dan bekerja keras.

Related Posts

Posting Komentar