Lkd0w4E1RXeko9lO8B7b5aHwUYMeguVeq3zLAoHH

Kalibrasi Thermometer Digital, Alat Ukur Suhu dengan Sensor Thermocouple

Kalibrasi Thermometer Digital, Alat Ukur Suhu dengan Sensor Thermocouple

Setiap hari, permintaan order pekerjaan kalibrasi berdatangan ke tempat kami. Seperti order pekerjaan kalibrasi untuk peralatan suhu berikut ini yakni thermometer digital.

Thermometer digital adalah alat untuk membaca suhu. Thermometer digital yang tiba dilokasi laboratorium kami kali ini memiliki spesifikasi dengan penggunaan sensor yang bisa beragam, bisa menggunakan beberapa type thermocouple.

Sensor thermocouple adalah alat yang dipergunakan untuk menangkap besaran nilai suhunya, yang kemudian nantinya nilainya akan dimunculkan pada thermometer.

Sensor suhu atau thermocouple yang digunakan pada thermometer digital yang akan saya kalibrasi kali ini menggunakan thermocouple type K.

Secara fisik, thermocouple type K ini memiliki ukuran diameter kabel yang sangat kecil. Pada sisi ujung yang pertama terlihat seperti colokan yang terdiri dari dua polaritas bertanda + dan K.

Pada sisi ujung kabelnya yang lain terlihat seperti dua kabel yang disatukan (seperti dilas).

Titik ukur untuk mengkalibrasi sudah disiapkan, dimulai dari -10, 0, 10 , 30, 50, 70, 90, 110, 130 dan 150 derajat Celcius.

Untuk mendapatkan titik ukur suhu yang diinginkan tersebut, kami menggunakan alat oil bath. Pada oil bath, suhunya bisa diatur sesuai dengan keinginan.

Misalnya saja kita akan mengkalibrasi thermometer/thermocouple di titik ukur -10 derajat celcius, maka kita seting oil bath pada titik ukur tersebut.

Jika penunjukan suhu pada alat oil bath sudah menunjukan nilai suhu yang di set (-10 derajat celcius) maka kita sudah dapat mengambil data dari alat thermometer/thermocouple yang di kalibrasi.

Begitu seterusnya untuk titik ukur yang lainnya.

Selesai melakukan kalibrasi alat thermometer/thermocouple selanjutnya membuat sertifikat untuk alat UUT tersebut.

Artikel Terbaru