Lkd0w4E1RXeko9lO8B7b5aHwUYMeguVeq3zLAoHH

Simbol Resistor Jika Disimulasikan pada Rangkaian Bisa Menjadi Seperti Ini, Lampu LED Menyala

Simbol Resistor Jika Disimulasikan pada Rangkaian Bisa Menjadi Seperti Ini, Lampu LED Menyala

Simbol Resistor jika disimulasikan pada sebuah rangkaian akan menjadi seperti apa? Baiklah, kali ini kita akan mencoba membuat simulasi rangkaian sederhana yang di dalamnya melibatkan komponen pasif Resistor.

Simbol resistor akan dikolaborasikan dengan komponen lainnya. Setelah disimulasikan maka kita amati apa yang akan terjadi dengan simbol Resistor tersebut.

Jika teman-teman sudah memahami bagaimana bentuk dari simbol Resistor sebelumnya, berarti kali ini kita akan melanjutkan pembelajaran mengenai komponen pasif ini untuk melihat perubahan apa yang terjadi jika simbol resistor dipasang pada rangkaian sirkuit sederhana.

Bisa dibilang kita akan memahami salah satu fungsi dari komponen resistor itu sendiri melalui pengujian sederhana yang akan kita buat nantinya.

 

Fungsi Resistor

Masih ingatkah dengan fungsi komponen Resistor? Tantunya masih ingat ya dengan komponen pasif tersebut.

Salah satu fungsi dari komponen Resistor adalah menghambat arus listrik yang mengalir pada suatu rangkaian.

Kita paham betu jika suatu rangkaian memiliki beban kemudian diberikan sumber tegangan maka arus listrik akan mengalir di dalamnya.

Nah, simbol Resistor yang terpasang pada rangkaian itulah yang akan menahan atau menghambat arus listrik yang mengalir pada sirkuit.


Simulasi Simbol Resistor pada Rangkaian

Untuk mempersingkat waktu kita mulai simulasi Resistor pada suatu rangkaian sirkuit. Tools yang digunakan untuk meihat perubahan pada simbol Resistor berikut ini akan menggunakan Proteus.

Beberapa komponen yang mesti dipersiapkan diantaranya yaitu,

  1. Simbol Resistor
  2. Battery
  3. Lampu LED

Berikut ini hasil rangkaian simulasi rangkaian yang melibatkan simbol Resistor di dalamnya:

 

Simbol Resistor Jika Disimulasikan pada Rangkaian Bisa Menjadi Seperti Ini, Lampu LED Menyala

Perhatikan kedua gambar rangkaian simulasi sederhana tersebut di atas. Rangkaian pertama menambahkan satu simbol Resistor. Sedangkan rangkaian yang kedua tidak membubuhkan komponen pasif Resistor.

Nampak jelas dari kedua rangkaian tersebut bahwa lampu LED menyala dengan intensitas cahaya yang berbeda.

Rangkaian yang menambahkan simbol Resistor memiliki nyala lampu LED yang lebih redup jika dibandingkan dengan rangkaian yang tidak menambahkan komponen resistor.

Artinya, lampu LED akan menyala lebih terang jika tida ada simbol Resistor pada rangaian. Hal itu disebabkan karena arus yang mengalir lebih besar pada rangkaian

Coba saja kita ukur berapa arus yang mengalir pada masing-masing rangaian. Nilai arus listrik dengan rangkaian yang ditambahkan simbol Resistor dan rangkaian yang tidak menggunakan komponen resistor pasif.

Perhatikan gambar di bawah ini!

 

Simbol Resistor Jika Disimulasikan pada Rangkaian Bisa Menjadi Seperti Ini, Lampu LED Menyala

Terlihat nilai arus listrik yang mengalir pada rangkaian ber-resistor sebesar 3,91 mA sedangan nilai arus listrik yang mengalir pada rangkaian yang tidak ber-resistor sebesar 154 mA.

Mengapa nilai arus listrik yang mengalir pada rangkaian pertama bisa memiliki nilai arus yang kecil? Hal tersebut terjadi karena pada rangkaian dipasang komponen resistor yang memiliki fungsi sebagai penghambat arus listrik. Akibatnya nyala lampu LED tidak terlalu terang.

Sebaliknya dengan rangkaian kedua yang tidak ditambahkan komponen resistor maka nilai arus listriknya akan lebih besar dibandingkan dengan nilai arus pada rangkaian pertama. Sehingga nyala lampu LED pada rangkaian tersebut akan lebih terang.

Simak kembali gambar di atas!

Demikian mengenai simbol Resistor yang ditambahkan pada sebuah rangkaian kemudian disimulasikan dan hasilnya akan berpengaruh pada output dari rangkaian itu sendiri, dimana fungsi resistor berguna sebagai penghambat nilai arus listrik.

Artikel Terbaru