Lkd0w4E1RXeko9lO8B7b5aHwUYMeguVeq3zLAoHH

Pengalaman Membuat Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani di Rumah Sakit, Begini Cara dan Prosesnya

Pengalaman Membuat Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani di Rumah Sakit, Begini Cara dan Prosesnya

Cara mendapatkan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani dari Rumah Sakit pernah saya alami dan saya lakukan sendiri tahapan demi tahapannya.

Cukup mudah dan tidaklah terlalu sulit agar dokumennya bisa terbit dari Rumah Sakit. Lamanya waktu pembuatan yang diperlukan pun relatif singkat, hingga sampai surat keterangan dari Rumah Sakit tersebut bisa berada dalam genggaman tangan kita.

Jika Surat Keterangan Sehat sudah kita pegang maka urusan keperluan apa pun yang memerlukan dokumen itu bisa kita penuhi dan diselesaikan.

Lantas dimana Surat Keterangan Sehat dari Dokter tersebut bisa kita peroleh? Berapa lama proses mengurus Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani dari Rumah Sakit?

 

Pengalaman Mengurus Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani

Bagi saya, ini merupakan pengamalaman unik dan menarik. Mengurus Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani di Rumah Sakit yang belum pernah saya alami sebelumnya.

Tentunya, ada alasan kuat mengapa saya mesti mengurus proses surat keterangan sehat tersebut. Pada intinya dokumen tersebut sedang saya butuhkan untuk memenuhi kelengkapan data atau dokumen yang diminta oleh salah satu instansi pemerintah.

Awalnya saya pun tidak mengerti dan tidak memahami mengenai seperti apa dokumen Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani yang dimaksud.

Saya mengira, itu adalah surat keterangan sehat seperti biasa yang pernah saya urus sebelumnya, yakni mengambil sample darah lalu sample tersebut kemudian diuji di Laboratorium. Hasil cek kesehatannya disampaikan dalam bentuk lembaran yang disahkan oleh pejabat terkait.  

Namun ternyata tidak seperti itu untuk mendapatkan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani. Bukan dari sample uji darah kita ternyata.

Bagi teman-teman yang baru dalam hal ini, baru berencana akan melakukan proses pengurusan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani, mungkin artikel ini bisa memberikan gambaran tentang dimana bisa membuat Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani itu.

 

Puskesmas

Puskesmas merupakan tempat tujuan awal saya untuk menggali informasi dimana dan bagaimana mengurus pembuatan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani.

Di pagi hari, saya mendatangi Puskesmas terdekat. Bertanya kepada Petugas. Dari penjelasannya, Pusat Pelayanan Kesahatan Masyarakat di wilayah saya ini tidak dapat memenuhi apa yang saya minta, lantaran ada beberapa fasilitas yang belum dimiliki.

Akhirnya pihak Puskesmas memberikan informasi terkait alternatif pilihan lokasi dimana bisa membuat Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani yang dikeluarkan resmi dari pemerintah.

Karena saya berdomisili di Kota Bandung, maka beberapa pilihan yang disarankan bisa di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bandung, Rumah Sakit Hasan Sadikin, dan beberapa alternatif pilihan lainnya.

Catatan: Teman-teman mungkin bisa juga untuk menanyakan terlebih dahulu ke Puskesmas terdekat diwilayahnya terkait pembuatan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani. 

 

Mengurus Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani di RSUD Kota Bandung

Saya memilih RSUD Kota Bandung untuk mengurus Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani, dengan alasan karena dekat dari rumah.

Pendaftaran Mengurus Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani di RSUD Kota Bandung dimulai dari jam 07.00 - 11.00 WIB.

Saat administrasi awal kita diminta untuk menyiapkan KTP asli dan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp710.000.

Setelah pendaftaran dan pembayaran dilakukan selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan seperti tekanan darah, berat badan, tinggi badan dan lainnya.

Selesai pemeriksaan berlanjut ke Laboratorium. Disin kita akan diminta sample urine atau air kencing untuk diuji dan diteliti apakah terdapat kandungan obat terlarang seperti narkoba dan lain-lain.

Usai memberikan sample urine untuk dilakukan uji narkoba selanjutnya kita akan diarahkan ke ruangan tes mengerjakan soal-soal kejiwaan. Jumlah pertanyaannya cukup banyak, ada 567 soal.

Dari semua pertanyaan tersebut kita hanya perlu menjawab pilihan yang paling mewakili diri kita. Jawablah dengan cepat dan jangan ada pertanyaan soal kejiwaan yang terlewat.

Jika seluruh pertanyaan kejiwaan telah diselesaikan dengan baik, selanjutnya kita akan diarahkan untuk menunggu antrian pemanggilan pemeriksaan sehat jasmani dan sehat rohani oleh Dokter Psikiater.

Singkat cerita, tibalah saatnya giliran saya untuk masuk ruangan Dokter Psikiater. Beberapa pertanyaan terkait riwayat kesehatan ditanyakan.

Lain-lainnya kita disuruh menceritakan mengenai aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Pertanyaan selanjutnya dan juga yang paling deg-degan ternyata apa yang kita kerjakan sebelumnya (567 soal pertanyaan kejiawaan) kembali ditanyakan oleh Dokter. Namun tidak semua, hanya beberapa soal saja untuk dikonfirmasi.

Dari semua rangkaian itulah akhirnya dokumen Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani dari RSUD Kota Bandung telah resmi diterbitkan.

Jadi, jika dirangkum proses mengurus Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani di RSUD Kota Bandung yakni sebagai berikut:

  1. Pendaftaran
  2. Paket Surat Keterangan Sehat Jasmani, Sehat Rohani dan Tes Narkoba dikenakan biaya sebesar Rp710.000
  3. Cek Kesehatan
  4. Pengambilan sample urine
  5. Mengerjakan tes kejiwaan
  6. Pemeriksaan dengan Dokter Psikiater

Demikian pengalaman saya dalam mengurus Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani di RSUD Kota Bandung. Terimakasih RSUD Kota Bandung atas Bantuan dan Kerjasamanya. ***

Artikel Terbaru