Lkd0w4E1RXeko9lO8B7b5aHwUYMeguVeq3zLAoHH

Aki Mobil Harus Memiliki Tegangan Normal Segini, Jangan Sampai Mesin Kendaraan Sulit Dihidupkan

Aki Mobil Harus Memiliki Tegangan Normal Segini, Jangan Sampai Mesin Kendaraan Sulit Dihidupkan

Panik nggak kalau mesin mobil tidak mau menyala? Padahal starter mobil terus-menerus coba dihidupkan tetapi mesin mobil masih tidak mau hidup. Bagi yang belum pernah mengalami hal tersebut dan baru pertama kali menghadapinya pasti akan panik hingga jantung dibikin deg-deg-an.

Peristiwa itu sama seperti yang pernah saya alami, keadaan mesin mobil sulit dihidupkan dimana starter sudah berulang-ulang dihidupkan akan tetapi mesin mobil masih tidak mau menyala.

Setelah mencari informasi kesana-kesini ternyata mesin mobil sulit dihidupkan salah satu penyebabnya dikarenakan tegangan aki mobil sudah tidak lagi memiliki performa yang baik.

Tegangan aki mobil lemah, saya ketahui setelah mencoba melakukan pengecekan tegangan volt dengan bantuan teknisi yang ahli dalam hal service dan perbaikan mobil.

Itulah yang menjadi penyebab mesin mobil sulit dihidupkan. Sulitnya mesin mobil untuk menyala merupakan salah satu indikasi atau ciri aki mobil sudah mulai lemah. Ciri lainnya dari aki mobil lemah masih ada beberapa lagi misalnya klakson mobil dan lampu mobil sudah agak redup.

Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi aki mobil adalah sebagai sumber kelistrikan, tenaga, power, bagi seluruh instalasi kelistrikan yang ada pada kendaraan. Ketika fungsi aki mobil sudah melemah atau tidak perform maka daya yang diberikan kepada komponen elektronik seperti klakson dan lampu mobil pun akan bekerja tidak cukup baik.

Mengenai ciri aki mobil lemah lainnya, saya pun membacanya dari beberapa sumber yang dapat dipercaya. Di sana menyebutkan bahwa jika aki mobil lemah maka lampu indikator akan menyala bahkan ada juga yang hingga merasakan tercium aroma aneh saat menghidupkan mesin mobil jika menggunakan aki jenis basah. Bau tersebut bisa saja karena sel-sel di dalam aki memang sudah dalam kondisi rusak.

Sungguh pengalaman baru bagi saya. Mesin mobil tidak mau menyala, susah distarter. Akhirnya saya putuskan untuk mengganti aki mobil lama dengan aki mobil yang baru

Langkah tersebut saya ambil lantaran pada saat itu hasil pengukuran tegangan listrik aki mobil diketahui bahwa nilai tegangannya sudah berada di bawah batas normal. Lantas yang menjadi pertanyaan, berapa memangnya tegangan aki mobil normal agar kendaran berada dalam kondisi optimalnya?

Dilansir dari auto 2000 bahwa tegangan listrik yang harus dimiliki aki mobil dalam keadaan normal yakni dibagi dua, tegangan dalam keadaan mesin mobil mati dan tegangan dalam keadaan mesin mobil hidup.

Dalam keadaan mesin mobil mati aki mobil harus memiliki tegangan 12,45 volt. Sedangkan dalam keadaan kendaraan hidup atau mesin mobil menyala aki mobil harus bertegangan sebesar 13-14 volt.

Akan tetapi jika hasil pengukuran tegangan listrik aki mobil menyatakan nilai tegangannya sudah berada di bawah 10 volt maka bisa dipastikan jika aki mobil Anda sudah mulai melemah.

Masih dari sumber yang sama, diketahui bahwa ada efek yang akan terjadi jika tegangan aki mobil sudah mulai melemah yaitu bisa merusak sistem Electronic Control Unit (ECU) dan juga Engine Control Module (ECU).

Saran saya, lakukan pengecekan kondisi tegangan aki mobil secara rutin untuk mengetahui performa kondisi dari sumber kelistrikan kendaraan tersebut. Terlebih jika Anda akan melakukan perjalanan yang cukup jauh sehingga keselamatan Anda akan terjamin. 

Demikianlah artikel kali ini mengenai pengalaman singkat yang pernah saya alami tentang mesin mobil tidak mau menyala yang diakibatkan oleh tegangan aki mobil yang kondisinya sudah di bawah batas normal dan lemah sehingga mesin sulit dihidupkan.

 

Sumber: Pengalaman Pribadi dan Berbagai Sumber

Artikel Terbaru