Lkd0w4E1RXeko9lO8B7b5aHwUYMeguVeq3zLAoHH

Fungsi Exhaust Fan yang Belum Diketahui Banyak Orang Selain Sebagai Penghisap Udara

Fungsi Exhaust Fan yang Belum Diketahui Banyak Orang Selain Sebagai Penghisap Udara

Fungsi Exhaust Fan bisa Anda ketahui setelah membaca artikel ini. Alat sejenis kipas angin, Exhaust Fan ini paling sering kita temukan di kamar mandi.

Biasanya secara rangkaian kontrol untuk instalasi kelistrikan dari peralatan elektronik Exhaust Fan tersebut dirangkai dan dihubungkan sedemikan rupa dengan lampu penerangan kamar mandi.

Jadi secara otomatis ketika lampu kamar mandi dinyalakan dengan menekan sakelar On Off, seketika itu pula Exhaust Fan akan mendapatkan tegangan listrik yang ujungnya bisa menyalakan atau On, memutar kipasnya.

Sebaliknya, ketika sakelar lampu kamar mandi dimatikan maka otomatis Exhaust Fan kembali Off.

Tujuan dilakukannya hal itu yakni penghematan dan efisensi energi. Rangkaian instalasi kelistrikan di kamar mandi dengan cara seperti itu akan lebih hemat dan tidak boros. Sehingga Exhaust Fan tidak akan menyala terus-menerus.

Namun, apakah Anda sudah paham dan mengetahui apa saja fungsi Exhaust Fan selain digunakan untuk menghisap udara dari dalam ruangan? Apa keuntungan dipasang Exhaust Fan?

Pengertian Exhaust Fan

Alat yang digunakan untuk membantu menjaga kualitas udara di dalam ruangan dengan cara mengeluarkannya. Alat ini merupakan sejenis kipas angin yang umumnya sering kita temukan di ruang tertutup seperti kamar mandi sehingga udara tetap bersih.

Jika teman-teman pernah memperhatikan, kondisi di kamar mandi biasanya kurang terpapar sinar matahari. Hal itulah yang akan mengakibatkan terjadinya kelembaban di dalam ruangan. 

Dengan adanya Exhaust Fan maka udara dari dalam ruangan akan terhisap dan selanjutnya dibuang keluar ruangan. Alhasil hanya udara bersihlah yang akan mengalir di dalamnya.

Manfaatnya, tidak akan pernah timbul pertumbuhan jamur jika udara yang mengalir sudah dalam keadaan bersih.

Fungsi Exhaust Fan

Tidak hanya diperuntukan untuk kamar mandi saja, Exhaust Fan bisa juga dipasang di ruangan seperti dapur.

Dengan adanya Exhaust Fan maka perabotan di dalam dapur akan aman dan terbebas dari jamur karena kualitas udara yang baik dan aman yang dihasilkan akan memberikan dampak positif.

Terlebih jika dihubungkan dengan kesehatan keluarga, maka hadirnya Exhaust Fan bisa memberikan keuntungan lain jika alat tersebut dipasang di dapur.

Ini Keuntungan Exhaust Fan Dipasang di Dapur

Udara Berkualitas

Udara lebih berkualitas jika adanya alat ini. Bayangkan saja, ketika aktivitas memasak sedang berlangsung di dapur maka banyak gas dan partikel halus terbuang ke udara di sekitar area ruang yang pengap. Bisa dari kompor atau pun dari bahan masakan. 

Tentunya hal itu akan mengakibatkan terkontaminasi udara sehingga kualitas udara akan menurun. Jika tidak dibuang maka akan mengakibatkan orang yang berada disekitar akan terpapar.

Menjaga Kebersihan Udara

Saat Exhaust Fan mulai bekerja untuk membuang udara dari dalam ruangan maka partikel yang terlepas ke udara dan berpotensi beracun akan terhisap dan hilang.

Partikel makanan seperti minyak dan lemak pun akan terserap untuk dibuang oleh alat ini. Sehingga tidak mengendap pada permukaan area dapur yang dapat menimbulkan bau tak sedap.

Bebas dari Bau

Terkadang, udara bau sekitar area ruangan lembab yang tidak terpapar matahari sering tercium. Hal tersebut bisa saja terjadi, terlebih jika di ruangan dapur sedang digunakan aktivitas masak-memasak .

Partikel yang terlepas saat memasak mengandung bebauan yang bisa saja terjebak dan bertahan berjam-jam di area dapur.

Solusi menghilangkan bau di ruangan lembab dan tertutup bisa dilakukan dengan cara menambahkan Exhaust Fan. Sehingga partikel bau yang menyelimuti bisa terhisap ke luar ruangan.

Suhu Ruangan Terjaga

Dapur yang dipasang Exhaust Fan akan memiliki udara uang baik. Suhu sekitar akan terjaga, udara panas dari kompor akan dibuang.

Dengan alat penghisap udara ini maka ventilasi dan sirkulasi udara akan lebih baik lagi. Panas terbuang ke luar ruangan.

Sehingga suhu yang dihasilkan akan lebih stabil walau tidak menggunakan sistem pendingin udara.

Kelembaban Lebih Stabil

Fungsi lain dari adanya Exhaust Fan di dapur atau ruangan tertutup dan lembab yaitu terjaganya kelembaban ruangan. Lebih aman dan terkontrol nilai kelembabannya.

Karena ada dampak buruk jika kelembaban di ruangan tertutup tidak segera dijaga. Hal itu akan menimbulkan kerusakan dan munculnya pertumbuhan jamur.

Exhaust Fan sangat dianjurkan untuk dipasang di ruangan tertutup seperti dapur dan kamar mandi.

Artikel Terbaru