Lkd0w4E1RXeko9lO8B7b5aHwUYMeguVeq3zLAoHH

Peran Teknologi Informasi di Dunia Pendidikan, Ternyata Memiliki Kelebihan dan Kekurangan

Peran Teknologi Informasi di Dunia Pendidikan, Ternyata Memiliki Kelebihan dan Kekurangan

Hadirnya teknologi saat ini memiliki peran dan manfaat dalam membantu menyelesaiakan permasalahan kehidupan manusia. Peran dari teknologi tersebut bukanlah hal yang bisa kita anggap sepele.

Banyak hal dan keuntungan yang akan kita dapat dengan adanya kehadiran dari peran teknologi.

Ternyata, selain manfaat dan keuntungan, ada pula kekurangan dan tantangan yang akan kita temukan dari keberadaan teknologi.

Namun, tidak perlu khawatir, karena kekurangannya lebih sedikit jika di bandingkan dengan bahyaknya peran dan manfaat teknologi.

Seperti yang akan kita bahasa mengenai peran teknologi di dunia pendidikan satu ini, bersumber dari artikel yang berjudul Peranan Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan (kedirikab.go.id), saya coba rangkum ulasannya.

Peran teknologi akan sangat berdampak pada dunia pendidikan. Beberapa diantaranya yakni teknologi dirasa mampu menggantikan beberapa peran manusia.

Hadirnya teknologi akan sangat memungkinkan jika tugas dan proses dapat berjalan lebih otomatis yaitu bisa dilakukan secara otomasi.

Selain itu, peran teknologi dan dunia pendidikan dapat memperkuat peran manusia dalam menyajikan informasi, tugas dan proses.

Tak hanya itu, bahkan teknologi hadir mampu untuk menjawab tantangan di dunia pendidikan seperti melakukan perubahan atau restrukturisasi terhadap suatu tugas dan proses pendidikan.

Simak beberapa peran TIK berikut dalam ruang linkup bidang pendidikan yang mampu menjawab tantangan perkembangan zaman.

TIK dapat hadir menjawab tantangan dalam memenuhi keterampilan (skill) dan kompotensi.

TIK dapat dimanfaatkan sebagai infrastruktur pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan, misalnya saja sumber bahan ajar yang dapat diakses oleh pelajar.

Mempermudah dalam penyampaian materi pendidikan, TIK hadir sebagai alat bantu dan fasilitas pendidikan. Dalan hal manajemen pun TIK tidak kalah maju. Penerapannya dapat mendukung improvement diberbagai hal.

Selain itu, sitem pendukung keputusan dan controlling pada smartphone sudah barang tentu akan lebih mudah jika pemanfaatan TIK ikut diterapkan.

Penerapan TI di bidang pendidikan sangatlah banyak. Jika ditarik mundur ke tahun 2016, maka pada waktu itu diimplementasikannya TI dalam Sistem Uijian Nasional yang berbasis komputer. Dikenal dengan CBT.

Hasil penelitian yang dipublish di melalui akun blog, Lipi, Kemdikbud pun adalah salah satu penerapan dari TI.

Manfaat lainya yaitu aktifitas seperti diskusi, komunikasi, dengan para ahli dan pakar kini menjadi lebih mudah dan gampang dengan adanya internet. Bisa bertanya melalui aplikasi Whatsapp ataupun surat elektronik (Email).

Perpustakaan online jadi salah satu produk kehadiran Teknologi. Peran lain dari TI yakni hadirnya perpustakaan online yang memudahkan para pencari ilmu pengetahuan untuk menemukan pengetahuan dan wawasan baru, perpusnas.go.id adalah salah satu produk dari kemajuan TI.

Munculnya berbagai wadah platform seperfi Kaskus.com, E-Learning seperti brainly.com dan masih banyak lagi media-media maupun platform digital yang dapat mewadahi kebutuhan dan menjawab tantangan di dunia pendidikan.

Adapula kemudahan rekaman data seperti absensi. Absensi yang dulu menggunakan buku, kini sudah lebih canggih dengan adanya teknologi di dunia pendidikan, menggunakan Finger Print.

Belajar komputer. Kini lebih gampang dengan adanya Lab komputer disetiap sekolah. Mempelajari segala sistem informasi yang berkembang saat ini sudah menjadi kebutuhan dan hal yang wajib bagi setiap sekolah-sekolah.

Adapun kelebihan dan kekurangan penerapan TI di Bidang Pendidikan sebagai berikut:


Kelebihan Teknologi Informasi di Bidang Pendidikan

  • Kecepatan informasi, sehingga pesan mudah tersampaikan
  • Akses informasi untuk kepentingan pendidikan jadi lebih mudah, bisa didapatkan di mana saja
  • Di dunia pembelajaran, muncul berbagai inovasi yang semakin berkembang seperti adanya e-learning yang memudahkan proses belajar mengajar
  • Kini, belajar bisa di mana saja dengan adanya TI. Kelas virtual bisa dilakukan. Sehingga tidak mengharuskan peserta didiknya berada di dalam ruangan kelas.

Kekurangan Teknologi Informasi di Bidang Pendidikan

Selain adanya keuntungan dan kelebihan yang ditawarkan oleh TI, ternyata ada sedikit kelemahan TI dalam bidang pendidikan, diantaranya yakni:

  • Dalam pemanfaatan internet, diperlukan infrastruktur yang memadai
  • Membutuhkan biaya yang cukup mahal dalam penggunaan internet
  • Terlalu sering menghabiskan waktu dengan internet, dikhawatirkan akan kurangnya pergaulan di masyarakat






Artikel Terbaru