Lkd0w4E1RXeko9lO8B7b5aHwUYMeguVeq3zLAoHH

Pengertian Vrms atau Tegangan Efektif dalam Perhitungan Tegangan AC

Pengertian Vrms atau Tegangan Efektif dalam Perhitungan Tegangan AC

Pengertian Vrms atau tegangan efektif atau banyak orang yang menyebutnya juga sebagai tegangan root mean square, hingga kini masih diburu pemahamannya oleh orang-orang yang penasaran akan hal ini.

Pasalnya, tegangan Vrms tersebut sangat erat kaitannya dengan gelombang yang terukur pada Osiloskop. Sehingga ketika melakukan pengujian menggunakan Osiloskop, maka kita harus mengetahui betul yang mana tegangan Vm, yang mana tegangan Vpp dan yang mana tegangan Vrms dari sebuah gelombang yang terukur.

Untuk menjawab itu semua, simak penjelasan singkat mengenai tegangan Vrms yang di rangkum dari berbagai sumber.

Tegangan Vrms adalah tegangan efektif yang digunakan dalam perhitungan tegangan AC.

Nilai tegangan Vrms dapat diketahui dengan melakukan pengukuran menggunakan alat ukur Voltmeter AC.

Jadi, tanpa disadari sebetulnya kita sudah bermain-main dengan apa yang dimaksud dengan tegangan Vrms, tegangan efektif atau root mean square itu.

Osiloskop

Osiloskop adalah peralatan instrumen yang digunakan oleh engineer atau teknisi yang bekerja di bidang elektro untuk melakukan pengujian berupa rangkaian listrik atau rangkaian elektronika. 

Osiloskop memiliki fungsi untuk melihat bentuk gelombang dari suatu sinyal.

Ada peralatan lain yang selalu identik disandingkan dengan Osiloskop. Salah satunya yaitu Function Generator. Function Generator dan Osiloskop sering digunakan untuk melakukan suatu pengujian. 

Function Generator

Function generator adalah peralatan instrumen yang digunakan untuk membangkitkan gelombang, diperuntukan untuk melakukan suatu pengujian menggunakan Osiloskop.

Ketika suatu function generator dihubungkan dengan input osiloskop maka output osiloskop akan mengeluarkan gelombang. Gelombang yang muncul di layar Osiloskop biasanya berupa gelombang sinus, gelombang kotak dan gelombang segitiga.

Ketika pengujian tersebut dilakukan maka akan terbentuk gelombang pada layar Osiloskop dengan beberapa parameter tegangan. Salah satunya tegangan Vrms atau tegangan efektif atau tegangan root mean Square.

Di mana besarnya tegangan Vrms dapat diketahui dengan menggunakan rumus:


Vrms = 0.707 x Vm


Artikel Terbaru