Lkd0w4E1RXeko9lO8B7b5aHwUYMeguVeq3zLAoHH

Penyebab dan Cara Memperbaiki Listrik di Rumah Jeglek, Jepret, MCB Turun Terus

Penyebab dan Cara Memperbaiki Listrik di Rumah Jeglek, Jepret, MCB Turun Terus

Penyebab dan cara memperbaiki listrik di rumah jeglek, jepret, MCB turun terus ketika akan di naikan atau di ON-kan. Begini solusinya, ini berdasarkan pengalaman ya!

Teman-teman pernah mengalami hal yang serupa tidak? Kesal dengan kondisi listrik di rumah yang sering jeglek atau jepret terus, MCB tidak mau dikondisikan ON.

Kira-kira apa ya penyebab listrik di rumah sering jepret, jeglek dan MCB tidak mau ON?

Kondisi tersebut berakibat pada semua peralatan elektronik dan peralatan kelistrikan yang ada dirumah tidak dapat berfungsi atau beroprasi karena tidak memiliki energi atau suplai tegangan 220 V dari PLN.

Seperti yang kita ketahui bahwa peralatan elektronik dan kelistrikan contohnya TV, kulkas, lampu penerangan dan lain-lain akan hidup atau beroprasi ketika mendapatkan suplai tegangan.

Lantas bagaimana cara mengatas listrik jepret dan jeglek terus di rumah? Berikut kondisi gangguan kelistrikan yang kami alami.


Bapak Memperbaiki Listrik Tetangga

Tok-Tok! Seseorang mengetuk pintu rumah dan ternyata ia adalah tetangga dikampung kami ini.

Dirinya menyampaikan permohonan bantuan kelistrikan kepada kami.

Ia menjelaskan jika kondisi listrik dirumahnya sedang jepret, jegleg atau MCB turun terus tidak mau ON sehingga peralatan listrik dan lampu penerangannya tidak dapat dinyalakan.

Bapak menyanggupi permintaannya itu.

Berangkat kerumahnya, walau diluar cuaca sedang turun hujan dan sudah malam.

Tespen, alat pengecek kelistrikan pun dibawanya.

Tak berselang lama, kurang lebih 15 menit dari keberangkatannya, kemudian Bapak kembali datang ke rumah.

Saya pikir listrik tetangga masih bermasalah, masih mengalami gangguan kelistrikan dan tidak dapat diperbaiki. Tapi ternyata, sudah beres alias OK.

"Sudah Ok," jawab Bapak sambil kembali menonton laga Piala Dunia Sepak Bola 2022.

Ketika saya tanyai apa penyebab gangguan kelistrikan dirumahnya. Bapak menjawab,

"Terjadi korsleting disalah satu sakelar," jelas Bapak.

Itu yang menyebabkan gangguan kelistrikan jegleg, jepret dan MCB tidak mau di hidupkan atau ON pada gangguan instalasi listrik di tetangga itu.

Singkat cerita. Alhamdulillah setelah Bapak memperbaiki, akhirnya lampu dan beberapa peralatan elektronik dapat menyala kembali.

Persambungan kabel didalam instalasi sakelar dapat menjadi penyebab mengapa terjadi korsleting hingga listrik dirumah sering jepret, jegleg terus.

Analisa sederhana mengarah pada kabel dan masa pakai sakelar. Kondisi kabel yang terus menerus dialiri arus listrik akan memiliki kenaikan suhu, terlebih jika beban yang ditanggungnya melebihi dari kuat hantar arus atau KHA yang dimiliki kabel itu sendiri.

Sakelar pun memiliki masa pakai atau lifetime. Bisa saja sakelar mengalami kerusakan dikarenakan penggunaan yang diluar batas normal atau tidak wajar.

Misalanya saja melebihi dari kemampuan kapasitas yang dimiliki sakelar tersebut sehingga konstruksi bagian dalam sakelar mengalami kerusakan yang berakibat terhubung singkatnya dua buah kabel yang seharusnya itu tidak boleh terjadi.


Cara Troubleshooting Gangguan Listrik di Rumah

Ini ilmu yang saya dapatkan dari Bapak ketika listrik dirumah sering jepret terus.

  1. Matikan MCB atau Off MCB agar listrik dari sumber PLN terputus
  2. Matikan semua sakelar yang ada di rumah
  3. Cabut semua kabel power listrik peralatan elektronik seperti tv, kulkas dan lain-lain
  4. Setelah semua dilakukan, nyalakan kembali MCB atau kondisikan ON
  5. Hidupkan sakelar satu persatu
  6. Amati dan perhatikan sakelar mana yang membuat jegleg dan jepret kembali MCB, jika ada berarti disitu jalur instalasi yang bermasalah. Jika tidak ada sakelar yang membuat jepret atau trip MCB lanjutkan ke pengecekan selanjutnya
  7. Nyalakan lampu penerangan rumah satu persatu
  8. Amati dan perhatikan apakah ada salah satu lampu penerangan yang membuat trip MCB, jika ada berarti disitu jalur instalasi yang bermasalah. Jika tidak ada lanjut ke tahap selanjutnya
  9. Hidupkan satu persatu peralatan elektronik yang ada dirumah. Amati apakah ada peralatan elektronik yang membuat MCB trip, jika ada berarti disitulah permasalahannya.
  10. Begitu cara sederhana yang sering saya lakukan.


Kondisi Lain Penyebab Jepret, Jeglek, MCB Tidak ON

Pemakaian listrik berlebih. Hal itu dapat menyebabkan MCB akan turun atau nge-trip trus. Ketika beberapa peralatan listrik digunakan secara bersamaan maka akan membutuhkan daya yang besar. Ketika kebutuhan daya sudah melebihi kapasitas daya yang kita miliki maka MCB akan trip terus.

Coba Anda lihat pada data yang tertera di beberapa peralatan listrik, biasanya tertulis kebutuhan daya untuk peralatan listrik tersebut. Hitung dan jumlahkan kira-kira kebutuhan daya listrik dirumah berapa sehingga kita bisa menentukan estimasi kebutuhan daya yang diperlukan.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi mengapa listrik dirumah sering jepret, jeglek, MCB tidak mau hidup atau ON. Itu merupakan pengalaman bapak saya.

Saya pun memiliki pengalaman lain mengenai gangguan kelistrikan dirumah klik artikel Cara Memperbaiki Aliran Listrik yang Tidak Mengalir ke Sebagian Ruangan Rumah, Lampu Tidak Menyala.

Semoga bermanfaat.

Hati-hati jika berurusan dengan kelistrikan tegangan tinggi, jangan berinisiatif untuk melakukan tindakan apapun pada saat terjadi kondisi kerusakan atau gangguan. Jika tidak memiliki keterampilan dan keahlian selalu libatkan orang lain yang lebih ahli untuk mengatasi gangguan kelistrikan dirumah Anda. Tetap selalu memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja atau K3.

Artikel Terbaru