Cara Memperbaiki Aliran Listrik yang Tidak Mengalir ke Sebagian Ruangan Rumah, Lampu Tidak Menyala

Cara Memperbaiki Aliran Listrik yang Tidak Mengalir ke Sebagian Ruangan Rumah, Lampu Tidak Menyala

Cara memperbaiki aliran listrik yang tidak mengalir ke sebagian ruangan di dalam rumah bisa Anda coba lakukan. 

Permasalahan ini sering terjadi ketika lampu di ruangan lain menyala sedangkan beberapa ruangan lainnya tidak menyala.

Begitupun dengan stop kontak yang tidak berfungsi karena tidak adanya aliran arus listrik yang mengalir ke ruangan tersebut.

Mudah-mudahan kondisi gangguan listrik ini sama dengan apa yang sedang Anda alami sehingga cara cek jalur listrik berikut mungkin saja bisa berhasil dan dapat dipraktekan.


Kondisi

Ada 2 ruangan didalam rumah saya yang sedang mengalami gangguan kendala aliran listrik, pertama ruang kamar tidur dan berikutnya ruang tengah.

Kondisi lampu dan stop kontak pada masing-masing ruangan tersebut tidak berfungsi sama sekali. Padahal diruangan lainnya tidak ditemukan masalah alias aman dan normal, lampu dapat menyala dan stop kontak memiliki aliran listrik.

Bisa disimpulkan sementara bahwa 2 ruangan yang bermasalah tersebut berada pada satu jalur kabel atau satu jalur aliran listrik.


2 Ruangan yang Bermasalah Kelistrikannya

Ketika sakelar diposisikan ON atau hidup, lampu tidak mau menyala hal itu menandakan bahwa tidak ada aliran listrik yang mengalir ke beban lampu.

Begitupun dengan stop kontak yang tidak berfungsi atau tidak memiliki aliran listrik. Pengecekan stop kontak dilakukan dengan mencoba menyolokan beban atau peralatan elektronik.

Seharusnya menggunakan alat multimeter atau menggunakan tespen untuk mengetahui ada tidaknya aliran listrik. Tetapi saya menggunakan alternatif lain untuk mengeceknya.

Charger HP saya pilih karena lebih mudah untuk mendeteksi apakah ada aliran listrik didalam stop kontak atau tidak.

Hasilnya, ternyata tidak ada aliran listrik. Hal tersebut dapat diamati pada pergerakan indikator baterai di layar HP yang tidak menunjukan pergerakan atau energi baterai tidak terisi.


Cara Memperbaiki Gangguan Kelistrikan di Rumah

Ketika dilakukan troubleshooting terhadap gangguan kelistrikan tersebut. Jalur kelistrikan kedua ruangan tersebut terhubung ke stop kontak ruang keluarga.

Lampu penerangan, stop kontak dan jalur kelistrikan dikedua ruangan yang bermasalah itu mengambil sumber listrik/menyambung kelistrikan dari stop kontak lain.

Saya matikan terlebih dahulu sumber listrik dari PLN pada Kwh Meter/MCB kemudian membuka stop kontak.

Ketika stop kontak tersebut di buka, benar saja, terdapat 4 kabel didalam nya. 2 kabel merupakan kabel positif dan kabel netral tegangan AC dan 2 kabel lainnya yang diperuntukan untuk sumber tegangan bagi ruangan yang bermasalah tadi.

Saya coba lepaskan ke empat kabel dari stop kontak itu. Terlihat ada kabel yang bagian tembaganya tertutup atau terselubung isolasi/kotor.

Hal itu menyebabkan kabel jadi tidak berfungsi sebagai konduktor secara maksimal.

Kemudian saya lakukan pembersihan pada bagian tembaga kabel yang kotor itu dengan menggunakan amplas.

Setelah selesai di amplas, pasang kembali ke empat kabel pada stop kontak, lalu menyalakan kembali Kwh Meter/MCB dari PLN.

Alhamdulillah lampu penerangan pada dua ruangan yang bermasalah dapat nyala kembali. Stop kontak pun jadi memiliki aliran arus listrik.

Demikian cara memperbaiki aliran listrik yang tidak mengalir ke sebagian ruangan rumah mengakibatkan lampu penerangan tidak menyala dan stop kontak tidak beraliran listrik untuk kondisi yang pernah saya alami ini.

Related Posts