Lkd0w4E1RXeko9lO8B7b5aHwUYMeguVeq3zLAoHH

Cara Memperbaiki Aliran Listrik yang Tidak Mengalir ke Sebagian Ruangan Rumah, Lampu Tidak Menyala

Cara Memperbaiki Aliran Listrik yang Tidak Mengalir ke Sebagian Ruangan Rumah, Lampu Tidak Menyala

Cara memperbaiki aliran listrik yang tidak mengalir ke sebagian ruangan di dalam rumah bisa Anda coba lakukan langkah berikut ini.

Maksudnya bagaimana dengan sebagian ruangan rumah tidak ada aliran listrik?

Pernah tidak, teman-teman mengalami listrik di beberapa bagian ruangan rumahnya padam? Tidak menyala dan tidak berfungsi. Mulai dari stop kontak yang tidak ada setrum listrik hingga lampu di ruangan tersebut tidak bisa dinyalakan.

Permasalahan ini sering terjadi dan saya alami. Tandanya terlihat ketika lampu di ruangan lain menyala, ternyata di beberapa ruangan yang lainnya tidak menyala.

Begitupun dengan komponen kelistrikan seperti stop kontak yang tidak ada setrum listrik lantaran tidak adanya aliran arus listrik yang mengalir dari sumber listrik.

Jika teman-teman mengalami hal yang serupa dengan apa yang saya alami, barangkali cara berikut ini bisa dilakukan untuk memperbaiki kelistrikan di dalam rumah.

Sehingga harapannya lampu penerangan dan perangkat elektronika lainnya bisa digunakan dan berfungsi dengan baik.

Namun jika teman-teman ragu dan tidak memiliki pengalaman untuk memperbaiki kelistrikan, dimohon jangan coba-coba untuk melakukan hal berikut ini. Karena dikhawatirkan bahaya kelistrikan bisa saja terjadi dan mengintai Anda sehingga menimbulkan fatal.

Hubungi orang yang ahli dalam bidang kelistrikan untuk memperbaiki segala permasalahan yang sedang Anda hadapi.


Listrik Mengalir hanya di Beberapa Ruangan Rumah 

Saya coba gambarkan mengenai kondisi permasalahan kelistrikan di rumah tinggal yang saya alami.

Ada 2 ruangan di dalam rumah yang mengalami gangguan kendala aliran listrik, pertama ruang kamar tidur dan berikutnya ruang tempat berkumpul keluarga atau ruang tengah.

Kondisi lampu dan stop kontak di kedua ruangan tersebut tidak berfungsi sama sekali. Padahal diruangan lainnya tidak ditemukan masalah alias aman dan normal, lampu dapat menyala dan stop kontak memiliki aliran listrik.

Bisa disimpulkan sementara bahwa 2 ruangan yang bermasalah tersebut berada pada satu jalur kabel atau satu jalur aliran listrik yang sama. Sumber kelistrikan yang sama untuk kedua ruangan tersebut. Itu yang mengakibatkan kedua ruangn tadi padam listrik.

Ilustrasi gambar sebagai berikut:



2 Ruangan yang Bermasalah Kelistrikannya

Ketika hendak akan menyalakan lampu penerangan di ruang kamar tidur atau ruang tengah/ruang keluarga dengan kondisi sakelar diposisikan ON atau hidup, lampu tidak mau menyala. Hal itu menandakan bahwa tidak ada aliran listrik yang mengalir ke beban lampu.

Begitupun dengan stop kontak yang tidak berfungsi atau tidak memiliki aliran listrik. Pengecekan stop kontak, saya coba lakukan dengan menyolokan beban atau menghubungkan dengan peralatan elektronik.

Berikut gambar ilustrasi dari Pixabay.



Charger HP saya pilih karena lebih mudah untuk mendeteksi apakah ada aliran listrik didalam stop kontak atau tidak.

Ketika menghubungkan charger HP ke stop kontak ternyata baterai tidak terisi. Hal tersebut dapat diamati pada pergerakan indikator baterai di layar HP yang tidak menunjukan tanda-tanda pengisian baterai.

Memang sih seharusnya untuk pengecekan stop kontak, untuk mengetahui ada atau tidaknya tegangan diukur dengan multimeter atau tespen.

Berikut ilustrasi gambar pengukuran stop kontak menggunakan multimeter.



Tetapi dengan menghubungkan perangkat eletronik seperti charger HP pun sudah cukup. (Karena pada saat itu adanya itu)

Hasilnya, ternyata tidak ada aliran listrik di dalam stop kontak.

Cara Memperbaiki Gangguan Kelistrikan di Rumah

Ketika dilakukan troubleshooting terhadap gangguan kelistrikan. Ternyata sumber listrik kedua ruangan itu terhubung ke stop kontak di ruangan lain.

Ilustrasi gambar pengecekan stop kontak (pixabay)



Langkah pertama saya coba matikan MCB yang merupakan sumber listrik dari PLN. Selanjutnya saya bongkar stop kontak yang digunakan sebagai sumber listrik.

Ketika stop kontak tersebut di buka, benar saja, terdapat 4 kabel didalam nya.

Dua kabel berasal dari sumber tegangan, kemudian 2 kabel berikutnya terhubung ke dua ruangan yang bermasalah. 

Jumlah seluruh kabel yang berada di stop kontak tersebut ada 4 kabel. 

Saya coba lepaskan keempat kabel dari stop kontak itu. Terlihat ada salah satu kabel yang bagian tembaganya tertutup atau terselubung isolasi/kotor.

Hal itu menyebabkan kabel tidak berfungsi sebagai konduktor secara maksimal.

Langkah yang dilakukan yaitu pembersihan pada kawat tembaga yang tertutup kotor menggunakan amplas.

Setelah selesai diamplas hingga bersih, pasang kembali ke empat kabel tersebut pada stop kontak. Nyalakan atau On-kan MCB dari PLN.

Alhamdulillah lampu penerangan pada dua ruangan yang bermasalah dapat nyala kembali. Stop kontak pun jadi memiliki aliran arus listrik atau bertegangan.

Demikian cara memperbaiki aliran listrik yang tidak mengalir ke sebagian ruangan rumah yang dapat mengakibatkan lampu penerangan tidak menyala dan stop kontak tidak bertegangan listrik. (Kondisi yang pernah saya alami).
Artikel Terbaru