Oh, Ternyata Satuan Komponen Induktor adalah Henry Lambangnya H

Henry Merupakan Satuan Komponen Induktor Diambil dari Nama Penemunya

Hai ! Anda sedang mencari informasi mengenai satuan dari komponen induktor ? Baik, saya akan mencoba menjawab pertanyaan mengenai satuan dari komponen pasif tersebut. Saya akan mencoba merangkumnya menjadi lebih sederhana dan lebih ringkas.

Informasi yang saya dapatkan dan saya suguhkan pada artikel ini didapatkan dari berbagai sumber yang insyaallah dapat dipercaya kebenarannya.

Baik, langsung saja kita jawab satuan dari komponen induktor. Satuan induktansi yaitu Henry.

Sampai sini mungkin pertanyaan teman-teman sudah dapat langsung terjawab mengenai satuan dari komponen pasif tersebut.

Jika teman-teman tertarik dengan penjelasan detail mengenai komponen induktor ini, sebelumya saya sudah membuat artikel lengkap mengenai komponen induktor. Jika teman-teman tertarik dapat langsung mengunjunginya dan bagi yang ingin melanjutkan membaca artikel ini dengan senang hati saya persilahkan. 

Baik, Kita lanjukan lagi.

Sambil mengingat-ingat kembali, kita ulas sedikit mengenai komponen pasif lainnya. Seperti resistor dan kapasitor.

Jika resistor memiliki nilai yang disebut dengan nilai resistansi dimana satuannya disebut dengan ohm. Kapasitor memiliki nilai yang disebut dengan nilai kapasitansi dimana satuannya disebut dengan farad. Induktor memiliki nilai yang disebut dengan nilai induktansi dimana satuannya disebut dengan henry.

Jika melihat dari prinsip mengalirkan arus listriknya, komponen induktor sangat berkebalikan dengan fungsi dari komponen kapasitor. Jika komponen induktor mampu memblokir arus AC dan meneruskan arus DC. Sangat berkebalikan dengan kapasitor, kapasitor mampu meneruskan arus AC yang diterimanya dan memblokir arus DC. 

Satuan henry merupakan yang baku dalam Satuan Internasional (SI) yang diambil dari nama seorang penemunya. Beliau adalah seorang ahli ilmu fisika.

Dari beliaulah kita jadi dapat mengenal konsep dari suatu elektromagnetik yang dapat dihasilkan dari proses induktansi sendiri.

Jika kita melihat nilai ukuran untuk 1 henry. Maka 1 henry setara dengan nilai 1 tesla meter kuadrat per ampere.

Turunan dari satuan induktor tersebut adalah microhenry, milihenry, nanohenry.

Pengertian Komponen Induktor

Komponen induktor adalah salah satu komponen elektronika yang dapat digunakan sebagai dasar dalam perancangan rangkaian elektronika yang lebih kompleks lagi.

Secara material pembentukannya, komponen induktor tersusun dari suatu kumparan. 

Masih ingatkah dengan prinsip induksi magnet pada sebuah kumparan atau lilitan.

Ya..konsep tersebut digunakan pada prinsip kerja dari komponen induktor ini. Karena induktor ini tersusun dari suatu lilitan kawat atau kumparan, maka ketika komponen induktor ini dipasang pada sebuah rangkaian yang bertegangan kemudian terjadi aliran arus listrik maka terjadi energi medan magnet dan energi medan magnet tersebut dapat disimpan pada komponen induktor itu sendiri.

Kapasitas jumlah penyimpanan energi medan magnet yang mampu disimpan oleh induktor bergantung pada seberapa besar nilai induktansinya (dengan satuan henry.

Nilai induktansi berbanding lurus dengan jumlah lilitan kumparan pada induktor tersebut. Semakin banyak lilitan pada sebuah induktor maka nilai induktansinya pun akan semakin besar.

Nilai Induktasi dari sebuah induktor dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini. :

  • Jumlah lilitan
  • Permeabilitas inti
  • Diameter induktor
  • Panjang inti induktor

Dengan mengatur quantity dari faktor-faktor tersebut maka nilai induktasnisnya dapat diperbesar.

Dalam keseharian, kita dapat menemukan implementasi dari sebuah komponen induktor ini. Prinsip kerja dari induktor dapat diimplementasi dan diterapkan pada beberapa beberapa komponen atau peralatan listrik semisal pada peralatan seperti transformator, relay, speaker, buzzer dan lain-lain.


Kang Nurdin
Kang Nurdin
Dari pengalaman yang sudah-sudah, belajar itu membutuhkan waktu dan konsistensi. Perjalanan panjang dalam kehidupan ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran itu. Jadi, teruslah bersabar dalam mengarunginya.

Related Posts