Lkd0w4E1RXeko9lO8B7b5aHwUYMeguVeq3zLAoHH

Rumus Menghitung Biaya Listrik Tarif Per kWh Perangkat Elektronik, Begini Cara Mudahnya

Sudah tahu cara menghitung biaya listrik untuk perangkat elektronik yang kita gunakan? Berapa rupiah pemakaian listrik per jam untuk satu peralatan elektronik? Berapa tarif listrik per kWh untuk satu perangkat elektronik? Bagaimana rumus menghitung biaya listrik? Simak penjelasan berikut biar tidak gagal paham.

Disekitar kita banyak sekali peralatan elektronik yang bekerja dengan kegunaannya masing-masing. Keberadaan peralatan elektronik tersebut dapat mempermudah aktivitas kehidupan manusia dalam menyelesaikan persoalannya. Berapa tarif listrik untuk satu peralatan elektronik yang kita gunakan?

Beberapa peralatan yang sering kita temui misalnya saja seperti perangkat televisi, lampu penerangan, rice cooker, kulkas, AC dan masih banyak lagi perangkatan elektronik lainnya.

Agar dapat beroprasi, peralatan elektronik tersebut membutuhkan energi listrik, sehingga fungsinya dapat bekerja.

Ketika peralatan elektronik sudah bekerja, ada daya listrik yang terserap. Umumnya disetiap perangkat elektronik sudah mencantumkan jumlah daya listrik yang dibutuhkan sehingga peralatan tersebut dapat beroprasi dengan adanya tenaga listrik.

Bicara daya listrik, berarti berbicara berapa biaya penggunaan listriknya. Berapa biaya listrik yang harus dibayar per jamnya? Tarif listrik per kWh.

Biasanya kita sering mendengar dengan istilah tarif listrik per kWh atau kilowatt per jam.


Tarif listrik Oktober-Desember 2022

Sebelum menghitung biaya listrik per kWh pada suatu peralatan. Simak terlebih dahulu besaran tarif listrik yang sudah ditentukan PLN psda bulan Oktober-Desember 2022 yang bersumber dari web PLN bagi pelanggan rumah tangga mulai dari ukuran daya listrik 450 VA hingga 3.500 VA ke atas:

  • Pelanggan Rumah Tangga Daya 900 VA RTM (Rumah Tangga Mampu) sebesar Rp 1.352/kWh.
  • Pelanggan Rumah Tangga Daya 1.300-2.200 VA sebesar Rp 1.444,70/kWh.
  • Pelanggan Rumah Tangga Daya 3.500 VA ke atas sebesar Rp 1.699,53/kWh.

Selanjutnya kita akan mencoba masuk ke contoh kasus untuk perhitungan biaya listrik suatu perangkat elektronik.


Perhitungan Tarif Listrik Per kWh Perangkat Elektronik

Contoh kasus 1

Pendingin ruangan atau AC dengan ukuran 1 PK memiliki daya listrik sebesar 840 watt untuk mengoprasikannya. Berapa biaya listrik per jam yang harus dibayar?

Diketahui :

Konsumsi Daya Listrik sebesar 840 watt

Tarif Listrik per kWh yang akan kita gunakan yakni pelanggan Rumah Tangga Daya 1.300-2.200 VA sebesar Rp 1.444,70/kWh.

Ditanyakan biaya listrik per jam?


Penyelesaian:

Biaya Listrik per Jam = tariff / kWh x Wattage

Biaya Listrik per Jam = Rp 1.444,70/kWh x 0,84 kW

Biaya Listrik per Jam = Rp. 1.213,548


Berdasarkan perhitungan tarif listrik tersebut kita dapat mengetahui biaya listrik tarif per kwh yang harus di bayar setiap jam untuk penggunaan AC.

Jika ingin mengetahui berapa penggunaan tarif listrik selama 1 bulan maka tinggal dikalikan saja penggunaan selama sebulan.

Artikel Terbaru