Lkd0w4E1RXeko9lO8B7b5aHwUYMeguVeq3zLAoHH

Rumus Kuat Arus Listrik, Lengkap dengan Satuan Muatan dan Contoh Soal

Ketahui bagaimana rumus kuat arus listrik yang berhubungan dengan muatan listrik dan waktu yang diperlukan. Seperti apa rumus kuat arus listrik?

Dengan memahami rumus kuat arus listrik kita dapat mengetahui jumlah muatan listrik yang melalui penampang suatu penghantar setiap satuan waktu.

Kuat arus listrik merupakan kecepatan aliran muatan listrik. Kuat arus listrik (I) adalah jumlah muatan (q) yang mengalir melalui penampang penghantar dalam satuan waktu (t).

Sampai sini mudah-mudahan teman-teman sudah tergambar mengenai kuat arus listrik. Jika ditulis dengan rumus maka kuat arus listrik sebagai berikut:


I = q / t


Dari rumus kuat arus listrik tersebut kita ketahui bahwa,

I = kuat arus listrik dengan satuan ampere (A) 

q = muatan listrik yang mengalir satuannya coloumb (C)

t = waktu yang diperlukan satuan sekon (s)


Pengertian Satu Coloumb

Satu coloumb adalah muatan listrik yang mengalir melalui sebuah titik dalam suatu penghantar dengan nilai arus listrik tetap yakni satu ampere mengalir selama satu sekon.

Contoh soal:

Pada suatu penghantar mengalir muatan sebesar 120 coulomb dalam waktu 1 menit. Berapa kuat arus listrik yang mengalir pada penghantar tersebut?


Diketahui :

t = 1 menit = 60 s

q = 120 C


Jawab :

I = q / t

I = 120 C / 60 s

I = 2 A


Jadi, kuat arus listrik yang mengalir pada penghantar tersebut sebesar 2 A.

Demikian mengenai rumus kuat arus listrik beserta contoh soal mengenai kuat arus listrik, muatan listrik dan lamanya waktu dalam sekon.



Artikel Terbaru