Lkd0w4E1RXeko9lO8B7b5aHwUYMeguVeq3zLAoHH

Bekerja dengan SAP R3 TCode IW38

Bekerja dengan SAP R3 TCode IW38

Rutinitas pekerjaan. Bertemu dengan SAP hampir setiap hari. Tools untuk menunjang kemudahan dalam bekerja. Selain teman kerja, SAP R3 sudah menjadi alat kerja buat saya.

Selain karena perusahaan menggunakan SAP, alasan mengapa saya menggunakan aplikasi sistem ini lantaran pekerjaan yang diemban saat itu adalah sebagai Planner Instrumentasi di salah satu perusahaan.

Beberapa tugas dan tanggung jawab yang dilakukan setiap hari. Mulai dari merencanakan, menjadwalkan, mengontrol, mengatur segala pekerjaan yang berhubungan dengan instrumentasi terutama untuk 2 hal berikut:

  1. Pekerjaan Perbaikan dan Perawatan Peralatan Instrumentasi
  2. Pekerjaan Kalibrasi

Order dari konsumen internal dan eksternal terus berdatangan setiap hari. Melalui SAP tentunya, ke Planner Group kami. Alamat Planner Group yang kami miliki yakni U53 dan U54.

Adanya 2 planner group tersebut memudahakan pekerjaan untuk diklasifikasikan berdasarkan pekerjaan Perawatan & Perbaikan Instrumentasi dan pekerjaan Kalibrasi.

Planner Group U53 diperuntukan untuk order pekerjaan Perawatan & Perbaikan Instrumentasi sedangkan planner group U54 saya tandai untuk pekerjaan Kalibrasi.


Bekerja dengan SAP TCode IW38

Login dengan password dan username SAP setiap pagi. Memeriksa order pekerjaan terbaru baik yang masuk ke U53 maupun U54.

Saya gunakan TCode IW38 untuk melihat report order terbaru yang masuk ke Planner Group U53 dan U54 dengan filter waktu per hari.

TCode IW38 secara deskripsi adalah change PM Orders dan secara functional area yakni PM Maintenance Orders.

Jenis order pekerjaan yang masuk ke planner group U53 dan U54 adalah pekerjaan perawatan & perawatan dan kalibrasi yang berasal dari plant unit produksi.

Ketika pekerjaan tersebut adalah perbaikan dan perawatan maka job tiket order pekerjaan akan dicetak untuk siap didisrtribusikan ke seksi perbaikan dan perawatan.

Sementara itu jika pekerjaan yang masuk ke SAP merupakan order kalibrasi maka pihak planner akan mencetak tiket ordee kemudian mendistribusikannya ke laboratorium kalibrasi.

Untuk order pekerjaan yang outstanding, biasanya pihak planner akan berdiskusi atau koordinasi dengan pihak terkait (perbaikan dan kakibrasi) terkait kendala.

Begitu setiap hari yang dilakukan planner. Hingga pada akhirnya penguhujung akhir bulan pun tiba.

Artinya, waktu untuk merangkum menjadi sebuah laporan bulanan sudah tiba dan harus segera dilaporkan kepada Divisi terkait.

Laporan akan dievaluasi berdasarkan pencapaian pekerjaan berdasaekan SRK/SKU yang telah ditetapkan.

Artikel Terbaru