Lkd0w4E1RXeko9lO8B7b5aHwUYMeguVeq3zLAoHH

Awas Salah! Ini Cara Mudah Jumper Aki Mobil Matic ke Mobil Lain, Langkah Memasang Kabel Agar Aman dan Benar


Cara Mudah Jumper Aki Mobil Matic ke Mobil Lain, Begini Memasang Kabelnya dengan Aman
Image by jcomp on Freepik

Cara jumper aki mobil yang benar haruslah Anda ketahui jika mesin kendaraan tidak mau hidup.

Sudah melakukan starter mesin kendaraan berulang-ulang namun masih saja mobil tidak mau menyala.

Padahal kalau sudah mengetahui cara memasang aki mobil dengan mobil lain, langkah ini bisa dilakukan agar mesin hidup kembali.

Caranya mudah, gampang dan aman asalkan memasang kabel jumper aki mobil dilakukan dengan benar.

Biasanya cara memasang aki mobil matic ini paling sering dilakukan ketika gangguan berasal dari aki mobil dengan kondisi kurang baik.

Tindakan jumper tersebut dilakukan jika kondisi sudah benar-benar dalam keadaan darurat.

Maka solusinya melakukan jumper aki mobil dengan tujuannya untuk "memancing" agar aki yang soak bisa bekerja kembali.

Memang sih, seharusnya langsung membawa mobil Anda ke bengkel.

Tapi jika Anda memerlukan informasi mengenai cara melepas dan memasang jumper aki mobil yang benar, simak ulasan berikut ini berdasarkan pengalaman pribadi.

 

Cara Jumper Aki Mobil yang Benar

Dari berbagai sumber, saya mendapatkan informasi bahwa penyebab aki mobil tekor biasanya dikarenakan kondisi aki mobil yang sudah tua.

Selain itu, penyebab lainnya bisa saja karena kapasitas aki mobil yang tidak sesuai.

Untuk melakukan jumper aki mobil, tentunya harus ada aki lain yang difungsikan sebagai pemberi suplai energi bagi aki yang sudah soak.

Aki lain yang berfungsi sebagai suplai energi bisa berasal dari aki mobil lain atau dari aki mobil yang sedang tidak dipergunakan, dengan catatan aki mobil dalam kondisi baik.


1. Persiapkan Kabel Jumper Serta Aki Mobil Lain

Pastikan bahwa Anda sudah menyiapkan segala peralatan dan kebutuhan lain seperti kabel jumper aki mobil dan juga aki mobil lain. Pastikan tegangan voltase dan daya listrik dari aki mobil lain dalam kondisi baik 


2. Posisi Mobil Saat Jumper Aki Mobil

Perlu diperhatikan posisi mobil. Mobil dengan aki yang akan di-jumper dan juga mobil yang bertugas sebagai pendonor aki harus berada saling berdekatan.

Kedua mobil harus dalam keadaan diam. Mobil dengan transmisi otomatis harus diposisikan dalam transmisi parkir atau P.

Pastikan rem tangan dalam kondisi aktif agar lebih aman.

Sebagai kendaraan yang bertugas menjadi aki donor, kondisikan pendingin mobil atau AC dalam keadaan mati/off, lampu mobil kendaraan pun kondisi off sehingga proses jumper aki mobil berlangsung dengan aman dan benar.

 

3. Menghubungkan Aki dengan Jumper

Jika aki yang akan di jumper dengan aki yang berfungsi sebagai donor sudah siap maka selanjutnya hubungkan kabel jumper diantara kedua aki mobil tersebut.

Cara memasang kabel jumper pada aki mobil jangan sampai terbalik. Karena hal tersebut sangat tidak diperbolehkan.

Amati dan lihat dengan seksama mana kutub positif dan kutub negatif pada aki mobil. Karena kabel jumper yang berfungsi sebagai penghubung antara kedua aki tersebut harus dijepit pada polaritas yang sama.

Artinya tanda plus "+" pada aki mobil harus terhubung dengan tanda plus "+" pada aki mobil yang satunya. Sama halnya dengan tanda "-" pada aki mobil harus terhubung dengan tanda "-" pada aki mobil yang lain.

 

Image by senivpetro on Freepik

4. Hidupkan Mesin Mobil

Setelah pemasangan kabel jumper selesai dan sesuai dengan aturan yang benar dan aman maka selanjutnya pengendara mobil dapat menyalakan mobilnya.

Pengendara mobil yang pertama kali menyalakan mesinnya adalah mobil yang berfungsi sebagai pendonor atau pemberi energi listrik kepada kendaraan dengan aki mobil yang soak.

Selanjutnya pemilik kendaraan dengan aki yang soak dapat melakukan starter atau penyalaan mobil.

Diamkan beberapa saat maka mobil dengan kondisi aki yang soak akan hidup kembali dan mesin kendaraan dapat menyala ketika kendaraan di-starter.


5. Melepaskan Kabel Jumper Aki Mobil dengan Mudah

Setelah mobil dengan aki yang soak sudah cukup mendapatkan energi listrik dan memiliki tenaga untuk menyalakan mesin kendaraan, selanjuutnya lepaskan kabel jumper aki mobil dengan benar.

Lepaskan jumper aki mobil pada kutub negatif terlebih dahulu. Dimulai dari aki mobil yang sebelumnya soak kemudian dilanjtkan dengan melepaskan jumper kabel aki mobil donor.

Berikutnya lepaskan kabel jumper pada kutub positif pada aki yang rusak kemudian lakukan hal yang sama yakni lepaskan kabel jumper kutub positif pada aki mobil donor.

Demikian cara mudah jumper aki mobil matic ke mobil lain, berikut dengan langkah memasang kabel agar aman dan benar jadi bisa meminimalisir kesalahan.

Artikel Terbaru