Lkd0w4E1RXeko9lO8B7b5aHwUYMeguVeq3zLAoHH

Belajar Simulasi Sensor Ultrasonik dan Arduino Menggunakan Simulator Wokwi

Belajar Simulasi Sensor Ultrasonik dan Arduino Menggunakan Wokwi

Sensor ultrasonik adalah sensor yang digunakan untuk mengukur jarak suatu benda. Secara singkat, prinsip kerja dari sensor ultrasonik ini adalah menggunakan gelombang suara yang dirubah menjadi sinyal listrik ataupun sebaliknya.

Gelombang suara yang di pancarkan oleh sensor ultrasonik akan mengenai objek suatu benda, dengan frekuensi tertentu pantulan gelombang tersebut dapat diterjemahkan untuk mengukur seberapa jauh jarak antara sensor ultrasonik dengan objek benda tersebut.

Besarnya frekuensi dari gelombang bunyi yang dihasilkan oleh sensor ultrasonik ini yaitu sebesar 20.000 Hz. Angka tersebut merupakan bunyi ultrasonik yang tidak dapat didengar oleh telinga manusia.

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk mensimulasikan sensor ultrasonik dengan menggunakan simulator elektronika bernama wokwi.

Pada simulator wokwi, sensor ultrasonik memiliki 4 kaki pin diantaranya yaitu :

  1. VCC
  2. Trig
  3. Echo
  4. GND

Dalam perancangan hardwarenya, kita hubungkan kaki-kaki pada sensor ultrasonik dengan pin pada arduino seperti berikut ini :

  • VCC terhubungkan dengan kaki pin 5 V pada arduino
  • Trig terhubung dengan salah satu kaki pin digital arduino
  • Echo terhubung dengan salah satu kaki pin digital arduino
  • GND terhubung dengan GND pada arduino 

Hasil simulasinya akan kita tampilkan pada serial monitor kemudian tuas pada simulasi sensor ultrasonik akan kita geser secara perlahan ke kiri dan ke kanan dengan demikian jaraknya pun akan ikut berubah.

Berikut adalah hasil dari praktik simulasi sensor ultrasonik dan arduino menggunakan simulator wokwi.


Belajar Simulasi Sensor Ultrasonik dan Arduino Menggunakan Wokwi


Artikel Terbaru