Jenis Resistor Tetap (SMD, Carbon Composition Resistor, Carbon Film Resistor, Metal Film Resistor)

Jenis Resistor Tetap (SMD, Carbon Composition Resistor, Carbon Film Resistor, Metal Film Resistor)

Pengertian Resistor Tetap

Resistor tetap atau fixed resistor adalah salah satu jenis resistor dimana nilai resistansi yang dimilikinya bernilai tetap atau tidak dapat dirubah nilai hambatannya.

Kita ketahui bersama bahwa komponen elektronika ini memiliki nilai yang kita sebut dengan resistansi atau hambatan.

Manufacture dimana tempat resistor tetap ini diproduksi sudah menentukan besaran nilai resistansi untuk setiap jenis produknya, atau dengan kata lain fixed resistor. Nilai resistansi yang tetap.

Tentunya dengan teknik dan teknologi canggih yang dimilikinya dalam memproduksi sebuah komponen resistor, sehingga takaran material pembentuk komponen resistor akan sangat pas dan sesuai dengan nilai resistansi yang dibutuhkan. 

Hingga akhirnya komponen resistor tetap ini siap disebarkan dan didistribusikan ke pelosok daerah untuk dimanfaatkan dan dipergunakan oleh para teknisi elektronik dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Jadi ketika kita hendak akan membeli komponen resistor di toko elektronik maka kita langsung sebutkan saja besar nilai resistansinya.

Tak lupa kita sebutkan juga batas maksimum daya yang kita butuhkan agar nantinya tidak salah saat memasang komponen resistor pada rangkaian dan mencegah dampak terburuk resistor tersebut dapat terbakar.

Batas maksimum daya, erat kaitannya dengan kemampuan daya resistor untuk dapat dilalui arus listrik .

Beberapa ukuran kapasitas daya pada resistor :

  • 20 watt
  • 10 watt
  • 5 watt
  • 3 watt
  • 2 watt
  • 1 watt
  • 1/2 watt
  • 1/4 watt
  • 1/8 watt
  • 1/16 watt

Jenis Resistor Berdasarkan Pembacaan Nilai Resistansi

Berdasarkan pembacaan nilai resistansinya, terdapat dua jenis pembacaan yaitu pembacaan nilai resistansi berdasarkan kode angka dan pembacaan nilai resistansi berdasarkan kode warna.

1. Resistor Surface Mount Device (SMD)

Resistor SMD adalah resistor berukuran kecil dimana cara atau metode pemasangan pada PCB (Printed Circuit Boards) menggunakan teknologi yang sangat canggih dengan menggunakan mesin robot yang dapat bekerja secara otomatis sehingga hasilnya akan lebih baik.

Berikut ini bentuk dari komponen SMD.

Jenis Resistor Tetap (SMD, Carbon Composition Resistor, Carbon Film Resistor, Metal Film Resistor)

Bagaimana cara membaca nilai resistansi pada kode angka resistor SMD ini ? Saya sudah membuatkan artikel terpisah mengenai cara membaca kode angka pada resistor jenis SMD ini, jika teman-teman tertarik lebih lanjut untuk mempelajarinya dapat membaca disini.

2. Fixed Resistor (Carbon Composition Resistor, Carbon Film Resistor, Metal Film Resistor)

Selanjutnya adalah resistor tetap dengan bahan carbon composition resistor, carbon film resistor, metal film resistor.

Berikut ini adalah gambar simbol resistor beserta bentuk resistor bahan carbon composition resistor, carbon film resistor, metal film resistor.

Jenis Resistor Tetap (SMD, Carbon Composition Resistor, Carbon Film Resistor, Metal Film Resistor)

Bagaimana cara membaca nilai resistansi pada kode warna tersebut diatas. Untuk itu, simak penjalasan lebih lanjut mengenai cara membaca kode warna pada gelang resistor berikut ini.

Fungsi Resistor

Baik resistor SMD maupun resistor tetap berbahan carbon composition resistor, carbon film resistor, metal film resistor kedua-duanya memiliki fungsi yang sama yaitu :

  1. Resistor berfungsi sebagai pembagi arus
  2. Resistor berfungsi sebagai pembatas arus
  3. Resistor berfungsi sebagai pembagi atau penurun tegangan

Demikian penjelasan singkat saya kali ini. Saya hanya mencoba mengumpulkan dan merangkum dari berbagai sumber kemudian mencoba menuangkannya kembali disini. Harapannya penjelasan ini dapat diterima dan dipahami.

Terimakasih.

Kang Nurdin
Kang Nurdin
Dari pengalaman yang sudah-sudah, belajar itu membutuhkan waktu dan konsistensi. Perjalanan panjang dalam kehidupan ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran itu. Jadi, teruslah bersabar dalam mengarunginya.

Related Posts