Mengenal Besaran Listrik [Simbol dan Satuan]

kakangnurdin pengertian besaran listrik simbol dan satuan listrik

Teman-teman tau tidak kalau peralatan canggih yang kita pergunakan sehari-hari saat ini merupakan hasil dari kemajuan dibidang teknologi.

Saya yakin pasti teman-teman sudah mengetahuinya ya.

Seperti Handphone, Laptop, PC dan teknologi lainnya yang ada disekitar kita. Peralatan canggih itu semua tercipta karena ilmu pengetahuan.

Salah satu bidang ilmu pengetahuan yang ikut berkontribusi didalam kemajuan teknologi dunia saat ini yaitu ilmu kelistrikan atau ilmu elektronika.

Tentunya, Ilmu kelistrikan / ilmu elektronika ini tidak mampu berjalan sendirian dalam menciptakan teknologi terbarukan, perlu dukungan, kontribusi dan kolaborasi dari keilmuan lainnya, sehingga tercipta  produk-produk canggih ter-update seperti yang kita ketahui saat ini. 

Memang apa saja peran dari ilmu kelistrikan / elektronika dibidang teknologi ?

Jawabannya banyak sekali. Tapi sebelum kita membahas ilmu kelistrikan / elektronika yang lebih jauh, ada baiknya kita membahas hal yang fundamental terlebih dahulu agar kita memiliki pondasi atau dasar dikemudian hari. 

Apa yang akan kita pelajari kali ini ?

Kita akan belajar mengenai hal dasar dari ilmu kelistrikan yaitu Besaran Listrik.  

 

Apa itu Besaran listrik? 

Besaran adalah semua hal yang dapat diukur maupun dihitung, dan hasil pengukuran atau perhitungannya tersebut memiliki nilai yang dapat dinyatakan dengan angka. Setiap besaran memiliki satuan.


Jenis Besaran Listrik


 1. Tegangan Listrik

Tegangan listrik adalah beda potensial antara kedua titik dalam suatu rangkaian listrik. Tegangan listrik dapat diklasifikasikan berdasarkan tegangannya yaitu : ekstra rendah, rendah, tinggi dan ekstra tinggi tergantung dari perbedaan potensial listriknya. Tegangan listrik ini dibangkitkan dari Pembangkit-pembangkit listrik. Satuan untuk tegangan listrik adalah Volt.

 

2. Arus listrik

Arus listrik adalah suatu aliran muatan listrik dari satu titik ke titik yang lain atau dari potensial tinggi menuju potensial rendah. Sehingga dapat dikatakan bahwa arus listrik juga terjadi akibat adanya beda potensial antara dua titik pada media penghantar. Satuan arus listrik yaitu Ampere.
 

3. Hambatan atau Resistansi

Hambatan atau resistansi adalah suatu bahan atau benda yang mampu untuk menahan atau menghambat laju aliran arus listrik. Dengan adanya hambatan listrik tersebut maka tegangan dapat diturunkan. Satuan Hambatan atau Resistansi adalah Ohm.


4. Konduktansi

Berkebalikan dengan Resistansi. Jika resistansi mampu menghambat aliran arus listrik dari suatu bahan, konduktansi memiliki sifat menghantarkan listrik. Satuan untuk konduktansi adalah Siemens


5. Kapasitansi

Kapasitansi adalah kemampuan suatu bahan untuk menyimpan muatan listrik. Kapasitansi dapat dikatakan juga sebagai rasio antara muatan listrik yang tersimpan dan besarnya perbedaan potensial. Satuan untuk Kapasitansi adalah Farad


6. Muatan Listrik

Muatan listrik adalah muatan dasar yang dimilki oleh setiap partikel penyusun atom yaitu proton dan elektron. Adanya perbedaan jumlah antara proton (positif) dan elektron (negatif) mengakibatkan atom bermuatan listrik. Sifat dari muatan listrik yaitu interaksi antara kedua muatan listrik tersebut, jika muatannya tidak sejenis maka akan terjadi tarik-menarik, sebaliknya jika muatannya sejenis maka akan terjadi tolak menolak antara kedua muatan tersebut. Satuan muatan listrik yaitu Coloumb.

 

7.  Induktansi

Induktansi adalah perubahan nilai arus yang mengalir pada suatu rangkaian yang mengakibatkan terjadinya gaya gerak listrik.

Induktansi dapat juga terjadi pada dua kumparan yang saling berdekatan satu sama lain, jika salah satu kumparannya dialiri arus listrik maka akan terjadi fluks magnet yang mengitari pada kumparan lain yang didekatkannya.

Satuan untuk Induktansi adalah Henry.


8. Daya Listrik

Daya listrik adalah tingkat kebutuhan energi yang diperlukan oleh suatu rangkaian listrik, atau dapat dikatakan juga bahwa Daya listrik adalah sejumlah energi yang diserap atau pun dihasilkan pada suatu rangkaian, dimana penyerapan daya listrik akan dilakukan oleh beban yang terhubung dalam suatu rangkaian dan tegangan listrik pada suatu rangkaian akan menghasilkan sejumlah daya listrik tertentu.Satuan Daya listrik adalah Watt.


9.Frekuensi

Frekuensi adalah jumlah getaran yang dihasilkan dalam satu detik. Satuan Frekeunsi adalah Hertz.


10. Energi

Energi adalah usaha yang diberikan kepada suatu objek agar pbjek tersebut dapat berpindah atau bergerak sejauh 1 meter dengan gaya 1 Newton. Satuan Energi adalah Joule.

 

Saya coba rangkum untuk besaran-besaran tersebut diatas menjadi sebuah tabel agar lebih mudah dipahami dan saya sertakan simbol beserta satuannya. 

 

No Besaran Simbol Satuan
1 Tegangan Listrik V Volt
2 Arus Listrik A Ampere
3 Resistansi Ohm
4 Konduktansi G Siemens
5 Kapasitansi F Farad
6 Muatan Listrik C Coulomb
7 Induktansi H Henry
8 Daya Listrik W Watt
9 Frekuensi Hz Hertz
10 Energi J Joule


Barangkali masih banyak lagi besaran-besaran lainnya yang belum saya rangkum disini, tetapi pada kesempatan kali ini saya batasi pembahasannya sampai sini.  

Demikian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf jika masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan dalam penulisan maupun dalam  penyampaian.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



Kakang Nurdin
"Kita selesaikan apa yang sudah kita mulai"

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter