Lkd0w4E1RXeko9lO8B7b5aHwUYMeguVeq3zLAoHH

Laboratorium Kalibrasi dan ISO 17025, Memahami Pengertian hingga Hubungan Keduanya

Memahami Laboratorium Kalibrasi dan Pengertian ISO 17025 serta Hubungan Keduanya

Laboratorium Kalibrasi dan ISO 17025

Laboratorium Kalibrasi dan ISO 17025 merupakan kedua hal yang saling berkaitan. ISO 17025 digunakan oleh laboratorium sebagai persyaratan umum kompetensi laboratorium kalibrasi.

ISO 17025 dalam hal penerapannya tidak hanya diperuntukan bagi laboratorium kalibrasi saja. Akan tetapi, ISO 17025 adalah persyaratan umum bagi laboratorium pengujian.

Beberapa negara besar yang menerapkan ISO 17025 sebagai standar akreditasinya dianggap berkompeten secara teknis.

Dari yang pernah saya temukan mengenai ISO 17025, beberapa konsumen kalibrasi selalu menanyakan soal akreditasi laboratorium.

Mengingat, konsumen kalibrasi tidak akan menerima hasil pengujian atau hasil kalibrasi dari laboratorium yang tidak terakreditasi.

Dengan memiliki label bahwa laboratorium kalibrasi sudah terakreditasi ISO 17025 maka hal itu akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap hasil kalibrasi.

Ada keuntungan lainnya yang akan didapatkan jika menerapkan ISO 17025 di laboratorium kalibrasi yakni menyatukan persamaan persepsi antar semua sistem manajemen mutu laboratorium kalibrasi yang ada.

Selain itu, lebih menunjukan kepada konsumen bahwa laboratorium kalibrasinya memiliki kompeten.

Citra positif akan reputasi laboratorium kalibrasi lebih dapat dipercaya dengan menerapkan ISO 17025.

Data hasil kualitas pengukuran kalibrasi akan konsisten dan mendapat pengakuan dari berbagai pihak tentang hasil uji kalibrasinya.

Sesama laboratorium yang menerapkan ISO 17025 akan lebih memudahkan untuk saling bertukar pengalaman dan informasi.


Pengertian Kalibrasi

Sedikit kita ulas mengenai pengertian kalibrasi. Secara sederhana, kalibrasi adalah kegiatan membandingkan suatu alat ukur dengan alat ukur tertelusurnya/standar alat ukur.

Tentunya untuk menghasilkan suatu pengukuran yang akurat perlu dilakukan langkah verifikasi dengan suatu metode.


Pentingnya Kalibrasi

Kakibrasi sangatlah penting untuk dilakukan terhadap beberapa peralatan instrumen. Terlebih peralatan instrumen yang digunakan sebagai alat ukur di pabrik atau industri.

Peran kalibrasi menjadi sangat penting ketika suatu alat ukur instrumen digunakan secara terus menerus selama beberapa periode waktu tertentu dan pada saat itu pula penurunan hasil ukur instrumen tersebut menjadi tidak akurat.

Kalibrasi alat instrumen dapat menjawab permasalahan tersebut. Dengan mengkalibrasi peralatan instrumen tersebut maka itu merupakan suatu langkah untuk memverifikasi data agar memiliki validitas yang baik untuk penggunakan peralatan instrumen kedepannya.

Sehingga dengan keakurasian hasil alat ukur instrumen akan meningkatkan hasil kualitas produksi menjadi lebih baik.

Waktu Kalibrasi Peralatan Ukur Instrumen

Ada waktu, jadwal kalibrasi yang tepat dilakukan terhadap peralatan ukur instrumen. Jika melakukan kalibrasi pada waktu yang tepat akan menjadaga kehandalan kualitas peralatan tersebut.

Saat peralatan instrumen mengalami insiden misalnya disebabkan oleh benturan atau apapun yang berpotensi menghasilkan pengukuran yang tidak akurat.

Selain itu kondisi peralatan instrumen yang mesti dikalibrasi ditandai dengan hasil pengukuran yang dirasa sudah menunjukan ketidaktepatan. Hal itu menandakan bahwa alat ukur sebaiknya segera dikalibrasi.

Jadwal kalibrasi yang diterbitkan oleh pabrik. Pabrik biasanya memiliki jadwal dan analisanya tersendiri ketika memutuskan kapan waktu yang tepat untuk dilakukannya kalibrasi peralatan instrumen. 

Artikel Terbaru