Nyobain Bikin Musik Menggunakan FL Studio 20

 

Cara membuat musik untuk lagu ciptaan sendiri menggunakan FL Studio 2021 kakangnurdin.com

 

Memang keren sih FL Studio 20 ini. Baru download dari website resminya di FL Studio beberapa minggu lalu. Eh, saya sudah langsung terpikat dengan tampilan User Interface-nya dan penasaran tidak sabar ingin mencoba ngulik software ini untuk mencoba membuat musik.

Dipikir-pikir memang betul juga. Teknologi saat ini memang semakin canggih. Perkembangan teknologi didunia musik pun ikut maju dan berkembang. Dengan perkembangan teknologi didunia musik tersebut, semua orang dapat membuat musik. Ungkapan itu mungkin benar adanya. Mungkin juga tidak. Tapi, ini era dimana teknologi melesat perkembang sangat pesat. Menciptakan musik dengan nada harmonis pun dapat dilakukan hanya dengan Laptop/PC atau pun mobile. Menciptakan musik kini dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja, asalkan ada kemauan dan keinginan untuk berkreasi dalam menciptakan sebuah musik. 

Saat ini banyak software-software untuk menciptakan musik, dan semuanya berkualitas. Tapi kali ini saya sedang tertarik ingin mencoba FL Studio.


Memang Apa itu Software FL Studio ? 

Baik, kita gali informasinya dari wikipedia terkait FL Studio ini. Menurut wikipedia, sebelum tahun 2003, FL Studio dikenal sebagai fruityloops.

Terblesit dalam benak, mengapa ya diberi nama fruityloops ? Bukan ini sih pointnya, tapi saya penasaran saja. Ok investigasi dimulai.

Saya coba iseng-iseng melakukan analisa sederhana menggunakan ilmu cocokologi mengenai fruityloops. Fruityloops berasal dari bahasa inggris. Fruity artinya buah-buahan. Loops artinya lingkaran. Jadi berdasarkan analisa cocokologi sederhana yang saya dapatkan bahwa, fruityloops adalah kumpulan buah-buahan yang terkumpul dalam satu lingkaran / putaran / siklus / satu kesatuan.

Kenapa buah-buahan ? Mungkin buah-buahan disini diartikan sebagai peralatan instrumen musik yang beraneka ragam, seperti buah-buahan selalu memiliki rasa yang berbeda-beda dan unik. Kumpulan not-not dari berbagai instrumen yang terkumpul tersebut disatu padukan hingga membentuk sebuah musik yang harmonis dan enak didengar. Itu menurut hasil cocokologi abal-abal dari saya.

Abaikan saja,

Lanjut.

Apa itu FL Studio atau fruityloops ini, menurut wikipedia FL Studio adalah Digital Audio Workstation (DAW) yang dikembangkan oleh perusahaan milik Belgia yaitu Image-line.

FL Studio memiliki fitur graphical user interface dengan sebuah pattern-based atau sequence musik berbasis pola. Software ini dapat di jalankan pada operating system Microsoft windows dan pengguna MacOS. Sampai juni 2021 ini versi terbaru yang diluncurkan FL Studio sudah berada di versi 20.8.3. Tentunya dengan performa yang ditawarkan lebih canggih dan lebih baik dari sebelumnya.

Bagi pengguna mobile jangan khawatir, karena pihak image-line sudah merilis FL Studio versi mobile untuk perangkat Android, iOS, macOS dan Universal Windows Platform. Jadi kalian dapat lebih produktif untuk menciptakan musik.

FL Studio disebut juga sebagai virtual studio technology (VST). Software ini banyak digunakan oleh produser hip hop dan EDM yang terkenal seperti Porter Robinson, Madeon, Soulja Boy, Southside, Martin Garrix, Avicii, Imanbek dan Deadmau5.


Bagaimana cara mendownload FL Studio 20 ?

Caranya cukup mudah. Kita tinggal mengunjungi halaman website resminya di FL studio nanti kita akan di arahkan untuk mengklik button download, kita tinggal memilih untuk mendownload pada operating system apa, tentunya disesuaikan dengan operating system yang kita miliki, windows atau MacOS.

Bagi yang mendownload versi trial, kita akan diberikan gratis penggunaan dan tidak ada batas waktu alias time unlimited. Kamu bisa pakai dan gunakan sesuka hati kamu sampai seumur hidup.

Untuk versi yang berbayar kita akan ditawarkan dengan empat edisi pilihan , seperti berikut :

  1. FL Studio Fruity Edition
  2. FL Studio Producer Edition
  3. FL Studio Signature Bundle
  4. FL Studio All Plugins Edition

Untuk harga masing-masing edisi bisa kalian cek sendiri di halaman website resminya FL Studio.

Dari ke empat edisi FL Studio berbayar tersebut saya tidak memilih salah satunya. Mengapa ? Menurut saya, untuk sekedar latihan dan pembelajaran, nampaknya sudah cukup dengan versi trial. Memang, pasti banyak perbedaan antara yang berbayar dengan versi trial. Tetapi itu dikembalikan lagi kepada pengguna lebih tertarik untuk menggunakan yang mana, versi trial atau berbayar.


Perbedaan yang dirasakan

Dari yang saya rasakan setelah menggunakan FL Studio, jika kita menggunakan versi trial, maka setiap kali kita selesai membuat project musik, file mentahannya tidak dapat di save as, sehingga menyulitkan kita ketika dikemudian hari akan dilakukan editing, filenya sudah tidak ada. Tetapi setidaknya di versi trial ini kita masih dapat melakukan export file dari project kita untuk diconvert kedalam format lain, misalnya saja format mp3.


Plug-in pada versi trial

Bagi saya pribadi yang masih awam dengan dunia musik dan hanya sekedar hoby saja, plug in pada versi trial ini  sudah sangat lengkap dengan begitu musik kita akan terdengar lebih keren. Plugin pada versi trial seperti berikut :

Controller : control surface, fruity formula controller, fruity peak controller, fruity x-y controller, fruity x-y-z controller.

Delay reverb : fruity convolver, fruity delay 2, fruity delay 3, fruity delay blank, fruity reeverb 2.

Distortion : Distructor, Fruity Blood Overdrive, Fruity Fast Dist, Fruity Squeeze, Fruity WaveShaper, Hardcore.

DynamicsFruity Compressor, Fruity Limiter, Maximus, Fruity Multiband Compressor, Fruity Soft Clipper, Soundgoodizer, Transient Processor.

Effect : Slayer 2.

Filter : EQUO, frequency splitter, fruity filter, fruity love philter, fruity parametric EQ, fruity parametic EQ 2.

Flanger : fruity chorus, fruity flanger, fruity flangus, fruity phaser.

Gain : fruuity balance.

Fruity PanOMatic : Fruity send, fruity stereo enhancer, fruity stereo shaper.

Misc : Edison, effector, fruity LSD, fruity scrather, fruity vocoder, gross beat, newtime, newtone, pitcher, vocodex.

Patcher : Patcher, VFX color mapper, VFX envelope, VFX key mapper, VFX keyboard splitter, VFX level scaler.

Visual : fruity big clock, fruity dB meter, fruity HTML Notebook, fruity notebook, fruity notebook 2, fruity spectroman, razer chroma, tuner, wave candy, ZgameEditor Visualizer.


Cara membuat musik menggunakan FL Studio 20

Berikut merupakan langkah yang saya lakukan dalam berlatih membuat musik menggunakan software ini. Ini bukanlah merupakan cara atau tutorial dalam menggunakan FL Studio 20, jadi teman-teman bisa mengunjungi tutorial-tutorial yang lebih baik dan profesional mengenai FL Studio di tempat lain. 

Kita masuk ke FL Studio 20


chanel rack FL Studio 20 kakangnurdin.com


Ada beberap istilah yang kita temukan pada gambar diatas. 

Channel Rack

adalah slot atau tempat-tempat yang terdiri dari not-not beberapa alat instrumen.

Pattern

adalah tempat untuk penyimpanan hasil dari not-not peralatan instrumen yang telah disusun didalam channel rack.

Peralatan musik yang kita gunakan disini yaitu gitar, bass, drum, keyboard, dll. 


Langkah pertama

yang saya lakukan yaitu membuat ketukan drum pada channel rack, kemudian memberi nama pattern dengan sebutan patern drum.


Langkah kedua

Saya menyiapkan piano roll untuk membuat nada untuk bass, melodi dan instrumen lainnya yang saya butuhkan.


piano roll fl studio 20 kakangnurdin.com


Langkah ketiga 

Menyusun semua elemen musik termasuk vokal menjadi satu kesatuan


track fl studio 20 kakangnurdin.com


Langkah ke empat

Mastering lagu dan menambahkan beberapa plug in bawaan FL Studio.


mastering volume fl studio 20 kakangnurdin.com


Mugkin ini musik yang saya buat dari hasil pembelajaran menggunakan FL Studio. Catatan : pengambilan vokal tidak dilakukan di studio, jadi.. yaaa.. harap dimaklum hasilnya seperti berikut :




Aku yang telah


Ku sadari semua

mengalir mengikuti

tak bisa ku ubah 

semua yang pernah terjadi


Aku tenang dalam dunia

berlari mengejar nyata

tak bisa ku ubah 

semua yang pernah terjadi


Kan terangi hari ku

dan lepaskan semua


Aku yang telah melupakan 

semua kenangan yang terpendam

ku trus berjalan dan tak tertahan kan

hingga semua kan ku dapatkan


( lagu ini dibuat pada tahun 2009 )

Kakang Nurdin
"Kita selesaikan apa yang sudah kita mulai"

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter