Aduh ! Wup.exe Bikin Laptop Cepet Panas, Kipas Berisik dan Semua Browser Not Responding | Alhamdulillah Sekarang Normal Lagi


Pernah ngalamin hal yang sama dengan yang saya alami nggak, laptop cepet panas terus suara kipas laptop kayak kenceng banget ?

Parah sih itu. Nge-ganggu banget dan bikin nggak nyaman.

Kaya berat banget kinerja laptop tuh. Apalagi baterai laptop cepet banget surutnya.

Aneh.

Yaudah, nyalain laptop sambil ngecas terus. Ngecasnya pun biasanya cepet, eh ini ko lama banget full-nya.

Temperatur semakin meningkat.

Tidak cukup sampai disitu, ada lagi ketidaknyamanan lainnya.

Jadi, waktu itu pas lagi buka browser chrome. Eh, baru beberapa menit malah not responding kaya nge-hang gitu. Nge-blank putih.

Coba buka browser lain pakai firefox, ternyata sama juga.

Microsoft edge, juga sama.

Alhamdulillah latihan kesabaran ini mah.

Saya bertanya-tanya akan hal itu.

Dari ciri-ciri yang saya alami diatas tersebut sebetulnya kenapa dan apa sih penyebabnya ?

Kok bisa ya, laptop jadi cepet panas, kipas muternya kenceng banget, baterai laptop cepet surut, browser pun ngedadak nge-hang dan nge-blank ?


Jadi cerita lengkapnya gini, dua hari yang lalu laptop tiba-tiba cepet panas trus suara kipas laptop kerasa banget, kenceng muternya. Pokoknya nggak kaya biasanya. Udah gitu, baru mulai berselancar pakai chrome malah langsung nge-hang.

Ko bisa-bisanya ya, saat berselancar tiba-tiba browser nge-hang not responding jadi berwarna putih layarnya?

Awalnya, ngira kalau itu dikarenakan kuota internet abis. Besoknya saya coba beli kuota internet.

wadidaw, ternyata masih sama, pas nyoba pake browser apapun masih nge-hang, walaupun kuota internet udah di isi.

"Ya Allah, kunaon ieu teh ?"

Kalau saya berkaca pada masalahnya. Sebetulnya kejadian seperti ini tuh apakah sudah biasa (normal) atau emang saya saja yang terlalu berlebihan dalam merespon ini? Tapi emang saya belum tau apa yang menjadi penyebab maalah ini.
Lanjut..

Saya coba buka task manager


Karna tiba-tiba nge-hang di browsernya, udah pencet-pencet enter berkali-kali masih tetep sama. Yaudah, saya putuskan untuk melakukan end-task chrome di task manager.

Done, chrome sudah saya end task.

Selain melakukan end-task untuk browser chrome, dengan berbekal pengetahuan kacangan ini, alias "sok tahu" saya mulai menganalisa pada task manager.

Apa sih yang sebenarnya terjadi dan aplikasi apa yang sedang bekerja sangat keras tersebut hingga menimbulkan kipas bekerja sangat kencang ?


Setelah saya amati pada screen gambar di atas, ternyata benar saja terdapat aplikasi yang sedang berjalan dan bekerja sangat keras. Aplikasi apa itu ? wup.exe. 

wup.exe ini berada diurutan pertama dalam memakan memory, yaitu sebesar 731,2 MB.

Kecurigaan semakin kuat.

Apa sebenarnya wup.exe itu ?

Penelusuran di mesin pencari google pun dimulai. Dari informasi yang saya dapatkan bahwa Wup.exe adalah salah satu jenis virus trojan yang membuat performa laptop kita bakalan menurun.

Saya cocokan apa yang saya alami dengan sumber-sumber informasi yang saya dapatkan mengenai efek dari trojan wup.exe.

Ternyata benar, sama.

Akhirnya..

Saya coba instal spyhunter 5 dengan mengunjungi situs resmi.

Spyhunter 5 mampu mendetect virus wup.exe dengan sangat baik. Keren sih memang, tapi pas di akhir-akhir spyhunter 5 selesai melakukan scanning, kita di tawarkan untuk memilih, apakah akan melakukan tindakan selanjutnya (quarantine, remove,dll) ?

jika ya, maka kita akan di arahkan untuk melakukan administrasi pembayaran.

(Tidak gratis memang !)

Yaudah, karena spyhunter berbayar, saya coba beralih ke antivirus bawaan dari windows yaitu windows defender.

Windows Defender


Saya kira windows defender akan selalu aktif. Tapi ternyata tidak. mesti dilakukan update secara periodik untuk melindungi pertahanan sistem kita.

Mengapa wup.exe masih dapat masuk ke pertahanan sistem kita ?

Setelah saya coba analisa ternyata ini penyebabnya. Windows defender berstatus off hal itu dikarenakan windows defender belum saya update.

Sepertinya itu yang membuat sistem windows di bobol oleh virus wup.exe


Saya coba melakukan update untuk windows defender kemudian mengaktifkan antivirusnya dan melakukan proses scanning. Terbaca sudah, muncul notif-notif virus yang terdetect. Dan itu jumlahnya banyak banget.


Saya babad semua virus satu persatu dengan windows defender. Alhamdulillah sekarang kembali lancar dan normal. Wup.exe sudah tidak muncul kembali pada task manager.

Kipas fan kembali bekerja secara normal dan tidak berisik, suhu laptop tidak panas, yang paling penting sudah bisa berselancar menggunakan browser apapun.

Chrome, firefox, microsoft edge, dll.

Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman yang saya alami tersebut bahwa :

  1. Windows defender sudah cukup baik untuk mengatasi virus seperti wup.exe dan mungkin virus-virus lainnya asalkan sering di update dan mengaktifkan  status antivirusnya.
  2. Spyhunter juga bagus untuk mendetect wup.exe tetapi antivirus ini berbayar.


Saran

Kenali ciri-ciri laptop anda sesegera mungkin jika sudah terjangkit virus ini. Khawatir kerusakan akan merambah jauh ke bagian hardware laptop kita.


Demikian pengalaman yang dapat saya disampaikan pada kesempatan kali ini. Saran dalam artikel ini belum tentu berhasil karena setiap kasus dan permasalahan yang dihadapi akan berbeda-beda. Jika ada saran yang lebih baik di artikel lain bisa anda coba untuk diikuti.

Terimakasih bagi yang sudah membaca sampai disini. Kurang lebihnya mohon maaf dan tetap semangat. 
Kakang Nurdin
"Kita selesaikan apa yang sudah kita mulai"

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter